Dalam sebuah survei Karir.com kepada 441 HR, 73,24% responden menyatakan masih menyimpan data pelamar secara paper-based atau dalam bentuk hard copy, dan 46,49% responden masih menerima lamaran melalui pos.

Bagaimana selama ini Anda menyimpan data pelamar?

Bagaimana selama ini cara Anda menerima lamaran kandidat?

Bayangkan jika dalam sehari Anda menerima 100 lamaran, dalam satu minggu ada 700 lamaran di meja Anda. Misalkan satu orang kandidat memiliki CV tiga halaman, dalam satu minggu ada 2.100 kertas menumpuk di meja Anda.

Belum lagi ketika harus memisahkan CV yang ingin Anda proses dengan yang tidak. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memilah-milah CV? 34,47% HR mengatakan masih memilah CV secara manual.

Bagaimana Anda memisahkan kandidat yang akan diproses dan yang tidak?

Masih dari hasil survei yang sama, 60,54% HR menyimpan dokumen penting stafnya dalam bentuk hard copy. Jika Anda memiliki 100 staf, dan setiap staf memiliki lima dokumen penting, maka ada 500 lembar dokumen di meja Anda. Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk menyusun dokumen tersebut sesuai abjad supaya lebih mudah dicari? Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk mencari satu dokumen dalam tumpukan 500 lembar kertas?

Bagaimana Anda menyimpan data dan dokumen staf?

Sebuah pengembangan terbaru persembahan Karir.com untuk dunia rekrutmen Indonesia:

ERIKA (e-Recruitment Powered by Karir.com)

Lengkap dengan fitur ORVI (Online Recorded Video Interview) dan Tes Logika Dasar (TLD), ERIKA akan menghemat banyak waktu Anda, dari proses sourcing, seleksi, perekrutan, hiring, hingga on-boarding.

 

Sourcing: finding candidates, requisition management, employer branding

Dengan dedicated page khusus, Anda dapat menampilkan kelebihan berkarir di perusahaan Anda dengan deskripsi dan foto header yang Anda pilih sendiri, mengganti tema warna dan menentukan alamat URL laman perusahaan supaya unik dan mudah diingat. Sebagai contoh, jika nama perusahaan Anda adalah PT Extraordinary, Anda dapat menamai alamat laman perusahaan Anda: extraordinary.karir.com

Dengan dedicated page ini, Anda dapat membangun employer branding perusahaan Anda untuk menarik minat kandidat, terutama Generasi Milenial dan Gen Z yang sangat visual-based. Semua lowongan perusahaan juga ditampilkan di laman ini, dan kandidat dapat membaca deskripsi dan menekan tombol ‘Apply’ di laman masing-masing lowongan.

 

Selection: pre-screening, screening, assessment, test, interview

Saat proses seleksi, Anda akan lebih merasakan peran ERIKA dalam menghemat waktu dan tenaga. Anda dapat memasukkan lebih dari satu user sebagai pengelola akun ERIKA dan menentukan role masing-masing user.

Di laman Dashboard, Anda dapat membaca ringkasan status proses perekrutan, dikelompokkan berdasarkan lowongan pekerjaan yang Anda iklankan. Menambahkan lowongan atau mengelola lowongan yang sudah ada semudah menekan satu tombol.

Dengan ERIKA, Anda diuntungkan dengan berbagai tes yang telah dikembangkan Karir.com, di antaranya:

Yang paling menyenangkan dari ERIKA adalah fitur ORVI (Online Recorded Video Interview). Nikmati jadwal wawancara yang sangat fleksibel. ORVI merupakan solusi bagi Anda dan kandidat, karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik dengan laptop/PC atau ponsel pintar. Anda dapat melihat rekaman video secara berulang-ulang.

Jika dalam metode wawancara konvensional Anda membutuhkan waktu 30 menit untuk satu kandidat, dengan ORVI, Anda hanya membutuhkan waktu enam menit. Jika dengan metode konvensional Anda menghabiskan sepuluh jam untuk mewawancarai 20 kandidat, dengan ORVI hanya membutuhkan waktu dua jam. Anda menghemat waktu delapan jam!

Baca selengkapnya tentang ORVI

 

Recruit: user interview, final interviews, MCU, etc.

Apa saja peran ERIKA pada tahap perekrutan? Laman CATS (Candidate Application Tracking System) dalam sistem ERIKA akan merinci secara lengkap status proses perekrutan setiap lowongan. Anda dapat melakukan tracking dan mengelola data para pelamar saat proses perekrutan dengan sangat mudah dan hemat waktu.

Jika ada kandidat yang melamar melalui sumber selain Karir.com, Anda dapat mengunggah CV kandidat secara otomatis dengan fitur CV Parsing. Anda tidak perlu memasukkan data atau mengetikkan apapun, hanya mengunggah dokumen berformat PDF. Semua data kandidat akan secara otomatis terisikan pada form ERIKA.

 

Hire: offer management, contract signing

Ketika Anda menemukan kandidat yang Anda cari, Anda dapat langsung mengirimkan pesan kepada successful candidates masih dalam sistem ERIKA. Anda dapat menggunakan template pesan yang sudah tersedia atau mengkostumisasi sendiri pesan tersebut. Pesan ini akan terkirim ke email kandidat, juga melalui notifikasi di Karir.com ketika kandidat/staf log in.

Anda dapat melampirkan surat penawaran atau surat kontrak dalam form pesan ini.

 

On-boarding: employee database

Anda dapat menambahkan data secara otomatis ke dalam employee database. Keuntungan menggunakan fitur ini:

  • Paperless. Anda tidak perlu lagi menyimpan berkas-berkas yang memenuhi ruangan dan mudah hilang.
  • Cloud storage. Data tersimpan di cloud, sehingga dapat diakses kapan saja, di mana saja.
  • Menggunakan SSL Certificate Encryption & Authentication sehingga data Anda aman
  • Data ter-backup dan terenkripsi

Anda dapat mengatur semua jadwal, termasuk deadline ORVI para kandidat yang otomatis masuk dalam Calendar, jadwal wawancara lanjutan, hingga ulang tahun staf.

 

Segala aktivitas dari sourcing hingga hiring akan terekam dan dihitung secara otomatis oleh sistem ERIKA. Anda dapat mengunduh semua data dalam format Excel.

Baca selengkapnya fitur ERIKA

70% Kandidat Tidak Datang Wawancara? ORVI Solusinya

Hanya Enam Menit untuk Satu Kandidat, Hemat Delapan Jam untuk 20 Kandidat!

 

Untuk menggunakan ERIKA, silakan mengisi form berikut: karir.com/inquiry-erika

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Tim Client Care kami melalui email cc@karir.com atau telepon 021-29305891.

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s