Biasanya pada akhir wawancara kerja, seorang pelamar akan diberikan kesempatan oleh user atau HRD untuk mengajukan pertanyaan. Dalam kesempatan ini memang sebaiknya Anda harus mengajukan pertanyaan supaya pihak perusahaan yakni user maupun HRD bisa menilai seberapa antusiasnya Anda ingin bergabung dengan perusahaan tersebut.

Namun, masih banyak ditemukan pelamar yang masih merasa canggung hingga melakukan beberapa kesalahan saat diberikan kesenpatan bertanya pada wawancara kerja. Nah, kesalahan yang tidak maupun disengaja untuk mengajukan pertanyaan bisa membuatnya gagal dalam tes wawancara kerja.

Maka untuk menghindai kesalahan yang bisa mengakibatkan Anda gagal ditahap wawancara, hindari beberapa pertanyaan berikut ini yang memang tidak selayaknya Anda tanyakan kepada pihak perusahaan.

    • “Perusahaan ini bergerak dibidang apa?”

Perusahaan ini bergerak dibidang apa

Jangan sekali-kali Anda melewati kesempatan ketika pewawancara memberikan waktu untuk Anda bertanya ketika wawancara kerja. Anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk menggali dan mengeksplorasi tentang perusahaan tersebut. Walaupun begitu, hindari pertanyaan mendasar “Perusahaan ini bergerak dibidang apa?”. Ya, pertanyaan ini sangat dilarang ditanyakan saat wawancara kerja. Sebab, hal bisa dipastikan bahwa Anda tidak siap dan tidak antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Maka dari itu, sebelum mendatangi wawancara kerja, ada baiknya Anda coba browsing  mengenai perusahaan yang akan didatangi. Anda bisa mencari tau mengenai culture perusahaan, apa saja yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, hingga nama CEO atau orang penting lainnya di perusahaan tersebut.

  • “Apa saya mendapatkan fleksibilitas Jam Kerja?”
    Apa saya mendapatkan fleksibilitas Jam Kerja

Mendapatkan pekerjaan dengan waktu yang fleksibel memang diharapkan banyak orang. Anda bisa menyelesaikan bekerja dimana saja dan kapan saja, contohnya work from home. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua posisi bisa mendapatkan kebijakan seperti ini. Maka, alangkah baiknya hindari pertanyaan ini. Selain terlalu dini mengajukan pertanyaan tersebut, pertanyaan ini juga dinilai tidak sopan dan Anda juga belum tentu diterima di perusahaan tersebut. Pertanyaan seperti ini juga mencerminkan Anda pribadi yang terlalu menuntut. Pribadi yang seperti ini umumnya memang tidak disukai oleh perusahaan. Maka dari itu akan lebih baik Anda menghindari pertanyaan diatas.

  • “Berapa gaji dan fasilitas apa saja yang akan saya didapatkan?”
    Berapa gaji dan fasilitas apa saja yang akan saya didapatkan

Jangan pernah sekali-kali Anda memanfaatkan kesempatan bertanya ini untuk membicarakan gaji dan fasilitas yang akan di dapatkan. Umunya, hal ini memang dianggap sangat sensitif bagi sebagian pewawancara atau HRD. Mengajukan pertanyaan seperti ini belum dipastikan Anda diterima di perusahaan tersebut dan tidak sopan. Jangan takut akan gaji dan fasilitas yang akan diterima, sebab HRD pertanyaan tentang gaji dan tunjangan ini akan ada waktunya sendiri setelah Anda dinyatakan diterima dan masuk dalam tahap negosiasi.

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s