Dalam metode wawancara konvensional, HR membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk satu kandidat. Dengan ORVI, Anda hanya membutuhkan enam menit. Jadi, jika dengan metode konvensional Anda membutuhkan waktu sepuluh jam untuk mewawancarai 20 kandidat, dengan ORVI Anda hanya membutuhkan waktu dua jam. Anda menghemat delapan jam!

ORVI merupakan kepanjangan dari Online Recorded Video Interview yang difiturkan dalam sistem ERIKA (e-recruitment Powered by Karir.com).

Bagaimana ORVI bisa memudahkan HR dalam proses wawancara?

Dalam hasil survei Karir.com kepada 441 HR, 70,52% mengalami no-show candidate atau kandidat tidak datang wawancara. Dari hasil survei kecil pada sejumlah pencari kerja, alasan ketidakhadiran saat wawancara ini beragam, dari jarak yang jauh, acara mendadak, alasan keluarga, dan lain-lain.

Dengan ORVI, kendala tersebut dapat teratasi, karena kandidat dapat melakukan wawancara rekaman video kapan saja, di mana saja, baik dengan ponsel pintarnya maupun komputer/laptop.

HR dapat mengundang kandidat untuk melakukan ORVI langsung dari sistem ERIKA, juga menentukan tenggat waktu pengumpulan. Kandidat akan menerima email dan notifikasi saat Masuk/Log In di Karir.com.

Kesulitan apa saja yang sering Anda alami saat proses rekrutmen?

Lebih dari 50% HR mengaku mengalami kesulitan saat melakukan wawancara tatap muka melalui video call karena koneksi internet yang kurang mendukung atau tidak stabil. Aplikasi video call seperti Skype memang membutuhkan koneksi cepat di kedua belah pihak karena dilakukan secara real-time atau tatap muka.

ORVI dapat dilakukan dengan koneksi internet dengan kecepatan standar karena Anda dan kandidat merekam dan menyaksikan video di saat yang tidak bersamaan. Selain itu, setiap satu jawaban akan secara otomatis diunggah oleh sistem ERIKA dalam satu file video. Jadi jika Anda mengajukan tiga pertanyaan, akan ada tiga file video. Hal ini mengurangi risiko file rusak atau tidak terunggah karena ukuran yang terlalu besar.

Karena satu dan berbagai hal, 40% HR membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk merekrut satu posisi. Berdasarkan simulasi yang dilakukan Tim Rekruter Karir.com, hanya dibutuhkan waktu enam menit dengan ORVI untuk menilai apakah seorang kandidat cocok atau tidak. Jika kurang yakin dengan penilaian pertama Anda, Anda dapat menyaksikan ORVI berulang-ulang, berapa kalipun yang Anda butuhkan.

Baca selengkapnya kelebihan ORVI: 70% Kandidat Tidak Datang Wawancara? ORVI Solusinya

Bagaimana ORVI memudahkan proses rekrutmen dari sourcing hingga on-boarding? Baca: HR Tak Perlu Lagi Simpan Hard Copy, Kini Ada ERIKA

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

One thought on “Satu Kandidat hanya Butuh Enam Menit!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s