Sumber tahun 2015 menuliskan bahwa kurang lebih 600.000 situs di dunia dibangun menggunakan Ruby, di antaranya GitHub, Hulu, Twitter, Yammer, Scribd, Basecamp, Shopify dan Airbnb.

Mengapa Ruby begitu populer? Apa kelebihannya dibandingkan bahasa pemrograman lain? Berikut rangkumannya dari upwork.com, codeconquest.com, github.io, allerin.com.

Ruby merupakan bahasa pemrograman open-source yang didesain sederhana dan mudah digunakan. Syntax Ruby jauh lebih natural dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, yang berarti lebih mudah dibaca dan dipahami.

Meski Ruby on Rails (RoR) lebih populer daripada Ruby, banyak yang mengira bahwa keduanya merupakan hal yang sama. RoR adalah framework pengembangan yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Ruby. RoR merupakan framework yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web yang membutuhkan solusi database dinamis. Beberapa tipe situs yang dibangun menggunakan RoR di antaranya media sosial, Wiki, blog, dan berbagai Content Management System (CMS).

Apa yang membuat Ruby berkembang pesat? Banyak developer yang menggunakannya dan dukungan dari banyak komunitas pemrograman di dunia.

Salah satu bahasa pemrograman yang diadaptasi dengan cepat oleh banyak perusahaan di dunia sejak 2013 ini diciptakan tahun 1995, dan merupakan bahasa pemrograman object-oriented atau segala sesuatu dianggap sebagai obyek. Bahasa pemrograman ini dipengaruhi oleh beberapa bahasa pemrograman lain, seperti C++, Perl dan Java.

Ruby ideal untuk kolaborasi, kecepatan dan bisnis yang menginginkan bahasa pemrograman yang mampu berpikir dan di saat yang sama bergerak cepat, sehingga sangat cocok untuk situs-situs atau aplikasi dengan traffic dan kecepatan tinggi. Filosofi di balik Ruby adalah “do more with less,” yang memberikan developer lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas, juga lebih dari satu pilihan — kelebihan yang diadaptasi dari Perl.

Karakteristik Ruby yang ekspresif, efisien, elegan dan kuat, juga memberi banyak ruang untuk creative coding, update berkala, keleluasaan, fleksibilitas, juga kode yang mudah dibaca, menjadi alasan mengapa developer menyukai Ruby.

Ruby Koans merupakan salah satu alat pembelajaran Ruby yang dikembangkan Jim Weirich dan Joe O’Brien. “Koan” pada dasarnya adalah serangkaian latihan untuk memahami dasar-dasar bahasa Ruby. Setelah meng-instal software dan mempejalari dasar-dasarnya, ada beberapa tes untuk mendalami syntax, struktur dan fungsi umum.

KMKOnline, tim pengembang BBM, Liputan6.com, Vidio.com, Bintang.com, Klikdokter.com dan berbagai produk digital EMTEK Group lainnya menyelenggarakan workshop Ruby Koans gratis di Jakarta, Bogor, Bandung dan Surabaya. Daftar di sini.

Kelebihan Ruby dibandingkan PHP, Perl dan Java:

Ruby VS PHP

  • RoR memiliki baris coding yang lebih sedikit
  • Testing code RoR lebih sederhana
  • Struktur RoR lebih bersih sehingga memudahkan kolaborasi
  • Beberapa framework seperti Zend, Codeigniter dan CakePHP support PHP, sedangkan framework lain seperti Vintage, Sinatra dan Rails support Ruby

Ruby VS Perl

  • Ruby lebih object-oriented
  • Ruby memiliki lebih banyak third-party library

Ruby VS Java

  • Jumlah baris Ruby lebih sedikit sehingga memperbaiki bug dan pengembangan lebih cepat
  • Kode Ruby dapat diinterpretasikan dan tidak membutuhkan kompilasi
  • Ruby lebih fleksibel dan lebih mudah dibaca
  • Java membutuhkan strict C syntax, sedangkan Ruby memberi kebebasan programmer untuk menerapkan beberapa kode
  • Ruby tidak memerlukan type declaration, programmer dapat membubuhkan nama pada variabel sebanyak diperlukan
  • Java dan Ruby dapat digunakan bersamaan dan saling melengkapi. JRuby adalah salah satu implementasi bahasa pemrograman Ruby pada Java Virtual Machine.

 

Baca juga:

Junita, Engineer Perempuan Pertama di Timnya

Ikuti Tech Talk bersama Engineer di Balik BBM, Liputan6.com, dll

Apa dan Bagaimana menjadi 10X Engineer?

Telah Dibuka! Pendaftaran 10X Engineer dan Tech Talk bersama KMKOnline

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s