Mendapatkan tawaran kerja memang membuat senang. Namun, terkadang tawaran yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan atau diluar ekspektasi. Bisa saja terjadi Anda ditawarkan posisi yang tidak pernah Anda inginkan dan beberapa poin pertimbangan lainnya seperti gaji, jam kerja, lingkungan kerja, fasilitas yang didapatkan, dan lainnya. Tentunya akan banyak pertimbangan saat Anda untuk mengambil keputusan tersebut.

Dan tidak jarang, banyak orang yang menolak tawaran tersebut karena tidak sesuai dengan yang diinginkan. Dalam menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan pun juga harus sopan agar tidak menghancurkan image Anda. Dan berikut ini tata cara menolak tawaran pekerjaan dengan sopan.

  • Segera beri tau jawaban Anda dan jangan sampai membuat perusahaan menunggu terlalu lama

Human hand working with laptop networking technology

Meski jawaban Anda sudah jelas ingin menolak tawaran pekerjaan tersebut, sebaiknya segera beri tau kepada HRD di perusahaan yang bersangkutan dan jangan sampai membuatnya terlalu lama menunggu. Sebab, dengan memberi tau jawaban dengan secepatnya, Anda telah menghargai tawaran kerja yang telah diberikan oleh perusahaan. Dan perusahaan bisa mencari kandidat lain untuk mengisi posisi tersebut dengan segera.

  • Sampaikan alasan Anda menolak perusahaan dengan jujur

People hangout together at coffee shop

Menolak tawaran pekerjaan sudah menjadi hak Anda. Maka, Anda tidak perlu ragu atau sungkan untuk menyampaikan alasan kenapa Anda menolak tawaran tersebut. Sampaikan alasan yang jujur kepada pihak perusahaan dan jangan berbelit-belit. Misal, sudah mendapatkan pekerjaan baru, atau gaji dan fasilitas yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Sebab, perusahaan akan lebih bisa menerima alasan yang jelas, maka perusahaan tidak akan bertanya-tanya mengapa Anda menolak tawaran kerja tersebut.

  • Jangan pernah lupa ucapkan “Terima kasih”

Business agreement handshake at coffee shop

Meskipun tawaran kerja yang diberikan oleh perusahaan tersebut jauh dari apa yang Anda harapkan dan tidak sesuai keinginan, tetaplah ucapkan kata terima kasih atas kesempatan yang telah mereka berikan kepada Anda. Dengan mengucapkan terima kasih, Anda telah menghargai atas waktu yang telak mereka keluarkan untuk menginterview Anda.

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s