Setelah penantian panjang, lamar pekerjaan sana sini, wawancara kerja, ikut psikotest dan gagal berkali-kali. Akhirnya Anda berhasil dan mendapatkan kantor yang diinginkan. Tentunya ini menjadi hal yang sangat mengembirakan dan pastinya Anda ingin membuat kesan yang menyenangkan saat hari pertama kerja.

Walaupun menyenangkan, Anda juga akan dilanda rasa canggung saat hari pertama kerja. Rasa canggung muncul dimana Anda mendapatkan dan menghadapi teman-teman kerja yang baru, ingkungan baru, ruangan baru, bos baru dan masih banyak yang baru lainnya.

Untuk mengatasi rasa canggung dan ingin membuat hari pertama kerja menyenangkan, Anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini.

  • Jangan sampai terlambat kerja

Jangan sampai terlambat kerja

Kebiasaan sering terlambat saat di kantor yang dulu, jangan dibawa sampai ke kantor. terlebih saat hari pertama masuk kerja. Jika sampai terlambat, image Anda akan rusak, tentunya akan mengurangi penilaian dan HR akan berpikir ulang untuk pengangkatan Anda sebagai karyawan tetap. Maka dari itu, untuk menjadikan hari pertama kerja Anda berkesan, usahakan datang setidaknya 30 menit sebelum jam kerja dimulai. Dalam rentan waktu itu, Anda bisa mengatur dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hari pertama kerja.

  • Berpenampilan yang sewajarnya

 

Berpenampilan yang sewajarnya

Biasanya yang sering menjadi kendala saat hari pertama kerja yaitu pakaian yang akan dikenakan. Banyak fresh graduate yang baru saja bekerja takut memakai pakaian yang salah ketika hari pertama Anda bekerja. Salah berpakaian saja, Anda bisa menjadi buah bibir pembicaraan di hari pertama masuk kerja. maka dari itu, gunakan pakaian dan berpenampilnya sewajar orang bekerja. Seperti hindari memakan alas kaki non-formal yaitu sepatu olah raga ataupun sandal. Maka, gunakan alas kaki yang formal untuk memberikan kesan yang rapi dan penampilan yang professional.

Bagi wanita, jangan sampai tidak berdandan atau berdandan yang berlebihan. Maka, gunakan tata rias yang sewajarnya. Untuk penggunakan pakaian juga perlu diperhatikan, jangan sampai Anda memakai kaos dan celana jeans.

  • Berbaur saat makan siang

Business Colleagues Together Teamwork Working Office

Jam makan siang telah tiba. Tidak ada salahnya jika saat makan siang, Anda berbaur bersama dengan rekan kerja lainnya. Saat makan siang, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengobrol banyak hal dan berkesempatan untuk membangun pertemanan dan tim kerja yang solid baik saat di dalam maupun di luar kantor.

  • Jangan malu dan takut untuk bertanya

Jangan malu dan takut untuk bertanya

Jika Anda mendapati kesulitan atay ada pekerjaan yang tidak dipahami, jangan malu dan takut untuk bertanya kepada rekan kerja senior atau atasan di kantor. Anda bisa melakukan diskusi kepada atasan untuk mendapatkan solusi bersama mengenai pekerjaan tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari kesalahan fatal, mendapatkan kepercayaan diri untuk terus belajar dan tanggung jawab atas pekerjaan.

  • Ikut kumpul bareng setelah jam pulang kantor

Ikut kumpul bareng setelah jam pulang kantor

Cara yang lebih efektif untuk kumpul bersama rekan kerja, selain jam makan siang adalah setelah jam pulang kantor. Walaupun tidak rutin dilakukan, biasannya setelah pulang kantor akan ada kegiatan lain seperti minum kopi, nonton film bersama di bioskop dan untuk pria akan olahraga bareng seperti main basket atau futsal. Nah, Anda bisa manfaatkan kegiatan ini untuk membangun kemistri dan lebih akrab dengan rekan kerja lainnya.

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s