Dapat gaji, happy, belanja, terus habis, pernah merasakan hal ini? Tidak dipungkiri bukan hanya satu orang yang merasakan hal tersebut ketika gajian, tapi hampir semua karyawan pernah merasakannya. Sebelum Anda menghabiskan gaji Anda untuk yang tidak benar-benar dibutuhkan, ada baiknya Anda berhemat untuk kebutuhan jangka panjang. Bagaimana caranya?

  1. Tabung dulu, jajanin kemudian

tabung dulu, jajanin kemudianBiasanya, setelah gajian gejolak untuk belanja meningkat, tak heran banyak toko online yang memberlakukan promo besar-besaran setiap tanggal gajian. Nah, dari hal-hal kecil yang dibelanjakan biasanya tidak terasa uang sudah habis begitu saja. Untuk itu, Anda perlu membalik sistem pengeluaran menjadi tabung dulu, jajanin kemudian. Maksudnya gimana? Setiap menerima gaji usahakan sisihkan di rekening tabungan berbeda dengan rekening jajan.

  1. Miliki dua atau lebih rekening bank

Miliki dua atau lebih rekening bank.jpegFungsinya memiliki lebih dari satu rekening di bank bisa dijadikan tolak ukur dalam menabung. Lebih baik lagi, uang yang ditabungkan tidak diambil dalam beberapa waktu. Kuncinya ada pada konsistensi dan tujuan Anda dalam menabung.

  1. Bijak menggunakan kartu kredit

Bijak menggunakan kartu kreditSudah memiliki dua rekening tabungan tapi gaji masih habis begitu saja? Mungkin tanpa sadar Anda berbelanja tidak menggunakan uang tunai, melainkan kartu kredit. Banyak yang menjuluki kartu kredit sebagai “kartu setan.” Padahal pada kenyataannya, kartu kredit bisa dijadikan teman setia di saat-saat darurat. Anda perlu menahan diri untuk yang satu ini dengan cara bersikap kritis pada apa yang ingin Anda beli, apakah sebuah kebutuhan atau hanya keinginan sementara.

  1. Cari penghasilan tambahan

Cari penghasilan tambahanCara lain yang bisa dilakukan agar dapat berhemat dari gaji bulanan adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Anda punya hobi tertentu? Jadikan sebagai ladang menggali pundi-pundi yuk!

  1. Miliki investasi yang tepat

Miliki investasi yang tepatNah, jika uang Anda masih banyak sisa dan ingin dikembangkan, ada baiknya Anda berinvestasi, bisa dengan mengikuti asuransi, reksadana, emas, dan lain-lain. Di investasi, Anda akan terbiasa untuk menabung tanpa mengambil ketika ingin membeli sesuatu, karena investasi berfungsi sebagai rem. Cara ini terbukti efektif bagi Anda yang merasa sulit menabung.

Jadi, sudah siap untuk berhemat kan?

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s