Sukses Di Usia Muda Bersama Bersama Boy Al Idrus, Head of Product & Pricing Strategy Home Credit Indonesia

Boy Al Idrus, lulusan Leadership Development Program dari Home Credit Indonesia ini menceritakan bagaimana perjalanannya sebagai LDP Graduate telah mengubah dirinya menjadi sosok yang berbeda. Pribadi yang lebih percaya diri, fokus dan memiliki komitmen tinggi. Sebuah hal yang mengagetkan untuk Boy sendiri.

“Balik ke tahun 2016, saya adalah salah satu Leadership Development Program (LDP) trainee, Saat itu modal saya hanya gelar Sarjana Hukum dengan pengalaman nol di industri pembiayaan. Tapi saya punya satu tekad besar yaitu belajar sebanyak-banyaknya,”.

Meski pada saat itu nama Home Credit belum luas terdengar seperti sekarang, tetapi Boy sangat termotivasi oleh Animesh Narang, CRM Home Credit yang pada saat itu sedang membuka sesi diskusi di Universitas Indonesia. Aminesh Narang banyak berbicara tentang bagaimana perusahaan nya berfokus pada pelanggan dan bagaimana kultur kerja di Home Credit memberikan ruang maksimal bagi karyawannya untuk berkembang.

Boy yang tidak memiliki pengalaman di bidang perusahaan pembiayaan awalnya berpikir skeptis tentang kecocokannya di perusahaan asli Republik Ceko ini. Namun dengan tekad yang bulat, Boy akhirnya memberanikan diri dan mengajukan lamaran untuk program LDP Batch 1 di Home Credit.

home credit indonesia

Semua proses LDP di Home Credit, menurut Boy, berjalan dengan sangat kompetitif. Trainee diajarkan untuk menjadi sosok yang percaya diri agar bisa belajar dengan maksimal dan melewati tantangan yang ada. Salah satu hal yang paling menantang bagi Boy adalah belajar memperkirakan profitability sebuah produk. Dengan background gelar sarjana Hukum, Boy merasa ia tidak memiliki kemampuan untuk banyak bekerja dengan angka, apalagi diminta untuk melakukan forecasting.

Dalam kondisi ini, Boy tetap positif dan berusaha sebaik mungkin untuk mengatasi tantangan karir yang diberikan kepadanya. Kegigihan yang diajarkan oleh tim Home Credit membuat ia kini berada pada tahap dimana bekerja dengan angka merupakan sebuah passion untuknya. Hal ini tidak lepas dari mentorship Miroslav Hlavac, Chief Marketing & Strategy Officer Home Credit, yang mengajarkan Boy untuk selalu mencintai pekerjaannya.

“Saya tidak pernah takut dengan tantangan apapun yang saya hadapi dalam karir. Beruntungnya saya punya mentor terbaik: Miroslav Hlavac, Chief Marketing & Strategy yang banyak berperan dalam perjalanan karir saya. Saya selalu ingat prinsipnya dalam karir yaitu cintai pekerjaanmu! Sebelumnya saya sangat tidak suka angka, tapi dengan belajar dan terus mencoba mencintai pekerjaan ini, justru membawa saya sampai menjadi seperti saat ini. Lama-lama saya merasa sangat passionate mengembangkan product dan berkutat dengan angka,” jelasnya.

Setiap Trainee di program LDP dibekali mentorship dari para C-level yang membimbing mereka dalam menjalankan tugasnya di divisi yang mereka pilih. Betul sekali, Home Credit juga memberikan kebebasan bagi Trainee-nya untuk memilih sendiri divisi yang ingin mereka geluti. Hal ini dilakukan karena perusahaan mengerti sulitnya bagi seorang Fresh Graduate untuk menemukan passion mereka. Pada akhirnya, Boy berkata, “It’s about enjoying what you do. Just do it, maximize your effort and you will eventually find your passion”.

Leadership Development Program Home Credit Indonesia
Perjalanan Boy Al Idrus Bersama Home Credit Indonesia

Berkat pola pikir ini, Boy berhasil mendapatkan promosi sebanyak tiga kali dalam setahun hingga kini ia menjabat sebagai Head of Product & Pricing Strategy di usianya yang baru 25 tahun. Kultur Home Credit yang appreciative pada kerja keras karyawannya, membuat usaha Boy tidak pernah luput dari perhatian management. Dukungan yang diberikan oleh seluruh tim di Home Credit telah membimbing Boy berkembang hingga seperti sekarang.

Salah satu program yang melejitkan nama Boy di Home Credit adalah metode Market Intelligence yang ia susun sewaktu masih menjalankan Quarter 3 program LDP. Metode yang ia susun dengan turun ke lapangan dan bekerjasama langsung dengan 300 Salesperson ini masih digunakan hingga saat ini bahkan di Home Credit seluruh dunia.

Apabila ditanya hal yang paling mengesankan bagi Boy pada perjalanannya di program LDP ini adalah bahwa pada akhirnya, Boy bisa belajar untuk memotivasi dirinya sendiri dan tumbuh menjadi seseorang yang memiliki komitmen tinggi. Bagi Boy, ini adalah kunci yang membawa Boy pada kesuksesannya saat ini. Sebelumnya, Boy tidak menyangka bahwa ia mampu menjadi pribadi yang penuh dengan determinasi seperti sosoknya sekarang.

Boy berpesan bagi seluruh applicant program LDP Home Credit untuk tidak pantang menyerah dan terus bekali diri dengan ilmu. Lakukan research dan pastikan Anda mengetahui betul program-program, produk dan tentunya profile Home Credit sendiri. Selain itu, penting bagi kandidat untuk selalu berani dalam menyampaikan idenya berdasarkan hal-hal yang mereka pelajari. Perlu diingat, kepercayaan diri memainkan peran yang penting bagi kesuksesan seseorang dalam Leadership Development Program.  

Home Credit saat ini tengah membuka pintu lebar bagi para Fresh Graduates dan early starters untuk berkembang bersama mereka dengan Leadership Development Program Batch 4. Jadi, tunggu apa lagi? Raih kesempatan untuk memaksimalkan potensi mu dan jadilah seorang pemimpin!

Yuk, Daftar ke Leadership Development Program dari Home Credit Indonesia dengan klik tombol di bawah ini

button-registration-ldp-homecredit.png

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.