Asian Games 2018, Indonesia Cetak Prestasi Baru

Asian Games ke-18 yang digelar di Jakarta dan Palembang tahun ini merupakan ajang olah raga internasional terbesar di Asia. Bagi Indonesia, Asian Games 2018 merupakan kali kedua bertindak sebagai tuan rumah setelah Asian Games tahun 1962.

Di Asian Games 2018 kali ini, Indonesia rupanya berhasil mencetak prestasi baru sejak pertama kali ikut dalam ajang olah raga negara-negara Asia ini. Indonesia hingga saat ini berhasil mencapai posisi keempat dengan raihan medali emas sebanyak 30 medali.

Perolehan medali ini melampaui pencapaian tertinggi Indonesia selama mengikuti ajang Asian Games. Prestasi tertinggi Indonesia dalam ajang Asian Games yaitu meraih 11 medali emas pada Asian Games 1962 ketika menjadi tuan rumah.

Pencak Silat Sumbang Emas Terbanyak

asian games 2018
sumber: kompas.com

Sebagai olah raga bela diri asli masyarakat Indonesia, pencak silat menjadi cabang olah raga penyumbang emas terbanyak di Asian Games 2018. Total 14 emas berhasil diraih oleh para atlet Indonesia dari berbagai kategori di cabang olah raga pencak silat.

Keberhasilan ini membuat Indonesia berhasil melampaui target yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mencapai 10 besar di Asian Games 2018. Untuk mencapai target tersebut kontingen Indonesia hanya perlu meraih medali emas sebanyak 17 medali saja. Tetapi keberhasilan atlet pencak silat menyapu bersih berbagai kategori membuat posisi Indonesia melesat hingga posisi 4.

Indonesia hanya berada di bawah tiga negara besar yang sudah menjadi langganan juara untuk event multi olahraga ini yaitu Cina, Jepang dan Korea. Hasil ini tentunya sangat disyukuri oleh berbagai pihak di Indonesia karena Indonesia mampu menunjukkan prestasi terbaiknya ketika menjadi tuan rumah.

Bonus Besar Menanti Atlet Asian Games 2018

asian games 2018
sumber: kompas.com

Keberhasilan para atlet Indonesia di ajang Asian Games 2018 tentunya mendapatkan apresiasi yang cukup tinggi dari pemerintah Indonesia. Berbagai bonus dan juga benefit lainnya sudah menanti para atlet yang berhasil mendapatkan medali dalam ajang ini.

Untuk peraih medali emas, Pemerintah menjanjikan bonus dengan nominal yang sangat tinggi dan cukup menggiurkan. Pemerintah Indonesia menganggarkan bonus sebesar Rp1.5 miliar bagi atlet yang berhasil mendapatkan medali emas dalam Asian Games 2018.

Bagi atlet yang mendapatkan medali perak dan perunggu, Pemerintah memberikan bonus mulai dari 600-800 juta rupiah. Benefit lainnya bagi atlet yang berprestasi yang masih menjadi pns honorer bisa mendapatkan rekomendasi menjadi pns tetap.

Kita tentunya berharap dengan adanya  apresiasi ini, para atlet di Indonesia bisa mendapatkan hidup yang lebih baik di hari tua. Mengingat banyak sekali atlet berprestasi di Indonesia yang kesulitan ketika menghadapi masa tuanya ketika mereka sudah pensiun.

Semoga prestasi Indonesia di Asian Games 2018 bisa meningkat lagi di Asian Games selanjutnya di Hangzhou, Cina. Maju terus dunia olah raga Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.