Perubahan Cara Melamar Ke Lowongan Pekerjaan Dari Masa Ke Masa

Melamar pekerjaan merupakan sebuah aktivitas yang pasti dilakukan sebelum mulai bekerja di sebuah perusahaan. Aktivitas ini mengalami pergeseran yang cukup banyak dari masa ke masa seiring dengan perubahan jaman. Penggunaan teknologi internet dan juga social media telah mengubah kebiasaan para pekerja untuk melamar pekerjaan dan juga mengubah perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen. Bagaimana gambaran perubahan cara melamar pekerjaan dari masa ke masa

Era Baby Boomer dan Generasi X

proses melamar kerja
Sumber : rentpath.com

Di era pekerja Baby Boomer dan juga Generasi X proses melamar kerja cukup sulit dan juga memakan waktu yang tidak sebentar. Proses melamar kerja  hingga akhir tahun 1990 tidak mengalami  banyak perubahan karena media yang digunakan dalam menyebarkan informasi lowongan pekerjaan masih sangat terbatas. Perusahaan-perusahaan di masa ini sangat mengandalkan media cetak untuk menyebarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang mereka miliki. Dalam melakukan proses lamaran kerja ini pun cukup memakan waktu yang lama karena proses komunikasi masih menggunakan via pos dan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Cara lainnya yang banyak dilakukan oleh pencari kerja pada masa ini adalah dengan melakukan proses canvasing ke berbagai perusahaan dan juga pabrik yang ada. Mereka akan mengirimkan lamaran pekerjaan tanpa peduli apakah perusahaan tersebut memang sedang membuka lowongan kerja atau tidak sama sekali. Jadi, bukan sebuah pemandangan yang aneh pada masa itu bila ada seorang pencari kerja membawa banyak cv bergerak dari satu kantor ke kantor lainnya. 

Sistem referal antar pegawai untuk mencari kandidat juga sangat diandalkan dalam merekrut pegawai yang baru. Bila ada lowongan atau posisi baru di perusahaan, mereka biasanya akan merekomendasikan kepada teman atau saudara yang mereka kenal sesuai dengan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu tidak jarang kita melihat banyak pegawai di era ini memiliki kedekatan yang sangat tinggi antar pegawai.

Era Generasi Y dan Millenial

Cara mencari kerja
Sumber: Huffington Post

Pada generasi pekerja ini, mencari pekerjaan menjadi lebih mudah dengan waktu yang lebih singkat. Perubahan proses mencari kerja sedikit bergeser dengan adanya teknologi internet di akhir tahun 1990-an. Munculnya internet di Indonesia telah membuka kesempatan baru bagi perusahaan untuk meraih lebih banyak kandidat dengan memanfaatkan internet. Di dekade ini muncul juga berbagai situs listing pencari kerja yang memberikan kemudahan bagi pencari kerja untuk mencari lowongan kerja.

Di luar Indonesia, situs pencari lowongan kerja seperti JobsDB mulai muncul di tahun 1998 sementara di Indonesia karir.com muncul di tahun 1999. Situs listing lowongan kerja membuat proses pencarian kandidat dan juga lowongan kerja menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Perusahaan cukup melakukan posting lowongan pekerjaan sesuai dengan job description dan kebutuhan kandidat yang diinginkan untuk memenuhi lowongan tersebut. Sementara di sisi pencari kerja, cukup melakukan proses lamaran pekerjaan dengan mengirimkan profil dan data diri mereka tanpa harus repot membuat salinan fisik untuk data diri mereka.  Penggunaan digital social media juga membuat perusahaan dan pencari kerja mampu menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk melamar pekerjaan.

Dari kedua gambaran tadi, tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa saat ini dengan adanya perkembangan teknologi dan internet membuat proses lamaran kerja menjadi lebih mudah dan cepat. Lalu, bagaimana pengalaman kalian dalam melamar pekerjaan di melalui situs job portal karir.com? Share di bagian komentar ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.