Lowongan CPNS 2018 Siap Dibuka. Apa Saja Yang Harus Disiapkan?

Lowongan CPNS 2018 sudah resmi diumumkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Lowongan yang dibuka pada tahun 2018 ini adalah sebanyak 238.015 posisi  yang terdiri dari 51.271 Instansi Pusat (76 Kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 Instansi Daerah). Untuk pendaftaran CPNS 2018 ini sendiri mulai dibuka pada tanggal 16-20 September 2018. Pendaftaran CPNS 2018 ini bersifat terpusat melalui satu website yaitu sscn.bkn.go.id.

Tes Seleksi CPNS 2018

lowongan cpns 2018
sumber : setkab.go.id

Untuk tes seleksi CPNS 2018 masih menggunakan sistem yang sama dengan tes CPNS pada tahun-tahun sebelumnya. Ada tiga tahapan seleksi yang harus dilewati oleh pada peserta yaitu  seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar ( SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Proses seleksi ini akan dilakukan sepanjang bulan September dan Oktober 2018.

Untuk seleksi administrasi, setiap instansi akan membutuhkan persyaratan administrasi yang berbeda-beda sesuai dengan posisi yang dibuka oleh instansi tersebut. Setiap persyaratan yang disebutkan wajib untuk dipenuhi setiap pendaftar, jika tidak sesuai maka peserta akan dinyatakan tidak lulus.

Jika lolos tahapan ini administrasi, maka seleksi selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Untuk nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, yaitu 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi, 80 untuk Tes Intelegensia Umum, dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

Untuk diperhatikan, nilai passing grade minimum tadi harus bisa dilewati oleh para peserta untuk bisa lulus ke tahapan selanjutnya. Jika salah satu bagian memiliki nilai dibawah passing grade maka kandidat akan langsung gugur.

Tahapan seleksi yang terakhir adalah Seleksi Kompetensi Bidang yang akan menguji pengetahuan para kandidat yang lolos mengenai posisi yang mereka lamar, dasar hukum dan juga pengetahuan kandidat seputar bidang yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Seleksi ini menggunakan metode wawancara sehingga pengetahuan pelamar mengenai bidang pekerjaan yang dilamar harus sangat mumpuni.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendaftar CPNS

Masalah yang sering muncul dalam proses pendaftaran CPNS adalah data diri yang belum diperbarui di dalam Sistem Kependudukan dan Catatan Sipil karena untuk mendaftar di situs sscn.bkn.go.id diharuskan menggunakan nomor KTP dari pelamar. Persoalan ini sering terjadi karena proses peralihan atau pembuatan e-KTP yang masih berjalan atau belum selesai. Untuk mengatasi hal ini peserta biasanya dianjurkan untuk menuju ke kantor Disdukcapil untuk memperbarui data kependudukan yang dimiliki atau meminta surat pengantar agar bisa mengikuti seleksi CPNS.

Selain itu, pendaftar juga harus mengetahui bahwa seorang calon pelamar hanya diperkenankan untuk mendaftar pada satu lowongan jabatan untuk satu dinas saja. Sehingga pemilihan lowongan ini harus benar-benar diperhatikan oleh pelamar karena bila tidak sesuai dengan persyaratan maka pelamar juga akan dianggap gugur.

Perhatikan juga persyaratan yang harus dibawa saat pemeriksaan berkas pada proses daftar ulang atau pada saat melakukan seleksi kompetensi dasar karena jika ada persyaratan yang kurang maka pelamar tidak bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Seluruh persyaratan ini akan ada di lembar pengumuman lowongan yang ada di websiter pendaftaran lowongan CPNS 2018.

Nah, bagi kalian yang ingin ikut serta untuk melamar ke lowongan CPNS 2018 tidak ada salahnya mulai mempersiapkan diri kalian agar tidak perlu repot lagi ketika lowongan sudah dibuka pada tanggal 16 September nanti.

Baca Juga : Perubahan Cara Melamar Ke Lowongan Pekerjaan Dari Masa Ke Masa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.