Tiga Hal Yang Sebaiknya Tidak Ditanyakan Pada Interview Awal

Interview kerja merupakan sebuah proses yang harus dijalnai oleh para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Tahap ini merupakan tahapan yang menentukan diterima atau tidaknya seorang kandidat pada sebuah pekerjaan. Di proses ini pula kita bisa mengetahui berbagai macam informasi lainnya mengenai perusahaan yang kita lamar yang tidak ada di luar sana.

Dalam prosesnya pun, interview bisa dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu interview awal dengan pihak HR dan interview lanjutan dengan user atau pihak manajemen perusahaan. Bila kamu adalah seorang fresh graduate maka sangat wajar bila kamu memiliki banyak pertanyaan ketika melakukan proses interview dengan sebuah perusahaan. Tetapi ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak kamu tanyakan pada proses interview awal. Apa saja pertanyaannya?

Berapa Gaji Yang Akan Diterima

Terkadang kita sangat penasaran dengan gaji dan juga benefit yang akan diterima dari sebuah perusahaan, tetapi sebaiknya pertanyaan ini kita simpan saja dahulu sampai nanti memang benar-benar sudah ada dalam penawaran kontrak kerja. Bertanya mengenai hal ini sebenarnya bukan hal yang salah atau dilarang, hanya saja kita juga belum pasti benar-benar akan bekerja di sana. Toh, untuk informasi mengenai gaji sekarang ini sudah bisa kita dapatkan di internet dengan sangat mudah.

Selain itu masih ada tahap negosiasi pada saat penawaran kontrak antara perusahaan dan juga pegawai. Pada tahap ini akan lebih sesuai bila kamu ingin bertanya mengenai besaran gaji dan juga benefit yang akan kamu terima.

Baca Juga : Anda Sering Merasa Gugup Saat Interview Kerja? Begini Cara Menanganinya!

Pekerjaannya Seperti Apa Ya?

Bertanya mengenai hal ini bisa merupakan sebuah hal yang cukup berbahaya dan sebaiknya tidak dilakukan karena bisa berdampak penilaian yang tidak baik bagi kamu sendiri. Setiap perusahaan biasanya sudah menjelaskan mengenai job description dari pekerjaan yang ditawarkan. Seharusnya kamu sudah memahami cakupan pekerjaan yang diiklankan sehingga kamu tertarik untuk mendaftar untuk lowongan tersebut.

Tentunya kamu bisa tetap mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan yang kamu lamar, tetapi tidak bertanya secara langsung pada saat interview.

Kapan Saya Mulai Bekerja?

Tenang, masih banyak proses setelah interview awal sebelum kamu benar-benar bisa bekerja dalam sebuah perusahaan. Pertanyaan ini terkadang muncul karena kandidat merasa sangat bersemangat untuk mulai bekerja dalam sebuah perusahaan. Tetapi pertanyaan ini tidak perlu kamu ungkapkan ketika tahap interview awal, tunggu saja hingga kamu benar-benar sudah diberikan kontrak oleh perusahaan.

Tiga pertanyaan tadi merupakan contoh yang sering terjadi pada kandidat yang baru melakukan interview kerja dengan perusahaan. Tetapi, secara umum bila kita memang ingin bertanya, pastikan pertanyaan tersebut memang penting dan juga berkaitan dengan peran kita terhadap perusahaan. Cobalah untuk menggali informasi lain yang tidak bisa kita dapatkan dari luar seperti budaya kerja, nilai perusahaan dan juga visi perusahaan nantinya.

Baca Juga : Satu Kandidat hanya Butuh Enam Menit!

One thought on “Tiga Hal Yang Sebaiknya Tidak Ditanyakan Pada Interview Awal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.