Tiga Kesalahan Melamar Kerja Yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

kesalahan melamar kerja fresh graduate

Mencari pekerjaan memangbukan sebuah perkara yang mudah terutama bagi para fresh graduate yang baru lulus kuliah. Peluang kerja untuk para fresh graduate sebenarnya cukup terbuka lebar karena setiap perusahaan membutuhkan pegawai fresh graduate.

Tetapi tidak sedikit fresh graduate kesuliatan menemukan pekerjaan karena kesalahan sepele yang tidak disadari. Apa saja kesalahan yang biasanya dilakukan para fresh graduate ketika melamar kerja?

Kandidat Tidak Bisa Dihubungi

Kesalahan paling mudah dan cukup sering dilakukan oleh fresh graduate adalah sulit untuk dihubungi oleh rekruter dari perusahaan. Pencari kerja baru terkadang lupa memperbarui nomor kontak aktif yang dapat dihubungi oleh rekruter.

Sebelum mengirimkan lamaran, pastikan untuk selalu menyertakan nomor yang aktif dan biasa digunakan. Pastikan juga smartphone bisa dihubungi setiap saat agar peluang kerja tidak terlewat begitu saja.

Mengirim Lamaran Tanpa Perkenalan Diri

Di era digital seperti sekarang ini, sudah banyak situs job portal yang memberikan kemudahan untuk melamar kerja. Contohnya adalah karir.com yang memberikan rekomendasi ribuan lowongan kerja yang bisa dilamar secara gratis.

Tetapi, tidak sedikit juga perusahaan yang mengharuskan pelamar mengirim lamaran dalam bentuk email secara langsung. Kesalahan lain yang sering terjadi adalah mengirimkan email lamaran tanpa perkenalan dan informasi sama sekali.

Pelamar hanya mengirimkan CV tanpa memberikan informasi apapun di dalam email tersebut. Hal ini tentunya akan membuat rekruter menjadi kebingungan untuk memproses lamaran tersebut karena dianggap sebagai email kaleng tanpa tujuan yang jelas.

Bila Anda akan melamar pekerjaan dengan cara ini, pastikan di dalam body email tersebut terdapat kalimat pengantar dan tujuan untuk apa email tersebut dikirimkan. Tanpa informasi tersebut, rekruter pastinya akan kesulitan memproses lamaran yang Anda kirim.

Melamar Tidak Sesuai Kualifikasi

Karena tuntutan yang cukup tinggi untuk mendapatkan pekerjaan, terkadang pelamar fresh graduate melakukan lamaran tanpa melihat kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebenarnya hal ini sah-sah saja dilakukan, tetapi harus disadari bahwa perusahaan membuat lowongan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pihak perusahaan tentunya tidak ingin mengambil risiko mengambil kandidat yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena hal ini bisa berakibat kepada pencapaian hasil yang tidak maksimal bahkan bisa menimbulkan kegagalan bisnis.

Oleh karena itu, bila Anda seorang fresh graduate dan sedang mencari kerja, usahakanlah untuk melamar di posisi yang sesuai dengan profil yang Anda miliki. Kecuali bila memang lowongan tersebut terbuka untuk berbagai jurusan dan tidak mematok kualifikasi secara khusus.

Nah, bagi kalian fresh graduate yang sedang mencari lowongan kerja, jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan fatal diatas ya. Jangan lupa daftar di karir.com dan dapatkan ribuan peluang kerja dari seluruh wilayah Indonesia.

Daftar dan unggah CV terbaru Anda kemudian lamar pekerjaan, gratis tanpa biaya apapun!

4 thoughts on “Tiga Kesalahan Melamar Kerja Yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.