Informasi Apa Saja Yang Wajib Ada Dalam Lamaran Kerja?

Mencari pekerjaan saat ini memang tidak mudah, tetapi bukan sebuah hal yang cukup mustahil. Sebenarnya kesempatan untuk mencari kerja masih terbuka lebar, tetapi banyak pelamar tidak pernah memperhatikan hal-hal detail ketika melamar pekerjaan.

Banyak pelamar tidak melengkapi informasi pribadi secara benar ketika melamar kerja padahal perekrut membutuhkan informasi tersebut ketika akan merekrut seorang pegawai. Informasi apa saja yang harus Anda cantumkan ketika sedang melamar kerja?

Data Diri

Pastikan ketika melamar kerja, data diri yang cantumkan dalam CV benar dan sesuai dengan keadaan diri Anda. Jangan sampai Anda menyampaikan informasi yang keliru karena pihak perusahaan bisa menilai adanya tidak penipuan data diri dalam informasi tersebut.

Selain itu, pastikan kontak Anda juga bisa dihubungi dengan mudah oleh pihak perusahaan. Pastikan email dan nomor telepon Anda masih aktif dan bisa dihubungi. Tidak sedikit pelamar yang tidak menyertakan kontak yang bisa dihubungi yang berakibat tidak adanya panggilan untuk interview.

Pengalaman Yang Sesuai

Pengalaman bekerja merupakan salah satu hal yang dinilai oleh seorang rekruter ketika mengundang kandidat untuk interview. Terkadang banyak pelamar asal saja dalam mengisi informasi pengalaman kerja. Hal ini sebenarnya tidak masalah bila lowongan tersebut memang tidak membutuhkan pengalaman kerja, tetapi akan sangat fatal bila sebaliknya.

Oleh karena itu jangan lupa untuk melampirkan informasi pengalaman bekerja dalam lamaran Anda. Sehingga rekruter bisa menilai apakah Anda memiliki pengalaman yang sesuai untuk pekerjaan yang Anda lamar.

Latar Belakang Pendidikan

Bagian ini sebenarnya banyak dilampirkan oleh pencari kerja dalam resume dan CV lamaran kerja. Tetapi, tahukah Anda bahwa rekruter tidak perlu tahu seluruh tempat sekolah yang pernah Anda ikuti.

Cukup cantumkan dua tempat terakhir tempat Anda bersekolah. Khusus untuk tingkat Universitas, jangan lupa cantumkan berapa nilai IPK yang Anda miliki karena mungkin ada batas IPK mininum untuk melamar di lowongan pekerjaan tersebut.

Portofolio

Tidak memiliki pengalaman atau latar belakang yang sesuai dengan lowongan kerja yang Anda inginkan? Cobalah untuk melampirkan portofolio aktivitas yang pernah Anda lakukan.

Melampirkan cara ini tidak menjamin sepenuhnya Anda bisa mendapatkan interview. Tetapi, hal ini bisa cukup efektif bila Anda melamar untuk posisi pemasaran atau untuk lowongan yang bergerak di bidang media.

Nah, pastikan keempat informasi diatas tercantum dalam lamaran yang akan Anda berikan kepada perusahaan. Ingatlah untuk melakukan pengecekan sebelum melamar agar terhindar dari kesalahan sepele yang cukup fatal sehingga Anda gagal mendapatkan pekerjaan impian Anda.

 

 

 

One thought on “Informasi Apa Saja Yang Wajib Ada Dalam Lamaran Kerja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.