Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

sikap-yang-harus-dihindari-oleh-fresh-graduate

Bagi seorang fresh graduate mencari pekerjaan bisa menjadi sebuah hal yang sangat sulit. Bahkan tidak jarang ada fresh graduate yang mencapai level putus asa dalam mencari sebuah pekerjaan.

Masalah sulitnya mendapat pekerjaan tersebut kadang bukan muncul karena kurangnya skill atau kemampuan dari seorang fresh graduate. Tetapi, hal ini kadang terjadi karena sikap atau kebiasaan buruk yang dimiliki oleh fresh graduate tersebut.

Apa saja kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari oleh para fresh graduate? Simak pembahasannya di artikel berikut ini.

Malas

Menjadi seorang fresh graduate artinya kamu kembali memulai kehidupan kamu dari awal. Setelah kerja keras untuk lulus kuliah, maka selanjutnya adalah bekerja keras untuk mendapatkan pekerjaan.

Tetapi, tidak sedikit fresh graduate yang belum bisa move on dari kebiasaan malas ketika masih kuliah. Sebagai seorang fresh graduate, sikap ini harus sangat dijauhi karena bisa menghilangkan banyak kesempatan untuk mulai bekerja.

Cobalah untuk melakukan aktivitas yang baru dan berbeda dibandingkan saat ketika masih kuliah. Kurangi aktivitas yang bisa membuat Anda tidak produktif sehingga kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Tidak Mau Belajar

Berada dalam kondisi yang baru dengan persaingan yang ketat untuk mendapatkan pekerjaan membuat Anda harus selalu belajar untuk menghadapi situasi yang baru. Persaingan antar pencari kerja yang ketat membuat Anda tidak boleh terlena dengan pencapaian masa lalu yang sudah dibuat.

Fresh graduate yang tidak mau belajar tentunya akan semakin tersisihkan dalam pasar tenaga kerja. Pelajarilah berbagai keahlian baru atau perbaiki kembali kemampuan yang sudah Anda miliki.

Baca Juga : Seperti Apa Sih Fresh Graduate Yang Dicari Oleh Perusahaan?

Tidak Teliti

Sikap lainnya yang harus dihindari adalah sembrono alias tidak teliti. Sebagai seorang fresh graduate Anda dituntut untuk lebih teliti dibandingkan saat menjadi mahasiswa.

Tidak sedikit fresh graduate yang melewatkan kesempatan untuk bekerja karena tidak teliti. Misalnya karena kesalahan nomor kontak di CV atau terlambat submit lamaran yang sudah ditunggu.  Sikap ini tentunya akan sangat buruk bagi fresh graduate manapun ketika sedang mencari pekerjaan.

Mudah Menyerah

Persaingan yang ketat dalam pasar tenaga kerja, tentunya membutuhkan kegigihan yang sangat kuat. Sikap mudah menyerah bukanlah sebuah pilihan karena Anda bisa benar-benar tertinggal dengan pesaing Anda.

Buatlah hari Anda terus bersemangat dan selalu melihat segala sesuatu yang Anda hadapi dengan sisi positif. Karena dengan cara ini bisa membuat Anda tetap terus bergerak terus bersemangat dan tidak mudah menyerah.

Harus diakui memang sulit untuk menghindari sikap-sikap diatas dan sangat sulit mengubah kebiasaan yang Anda miliki sehari-hari. Tetapi, seiring dengan niat dan kemauan Anda untuk berubah, tentunya tidak ada yang tidak mungkin untuk Anda raih.

Baca Juga : Tiga Kesalahan Melamar Kerja Yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.