Pertanyaan Interview Kerja Yang Paling Sering Ditanyakan Perusahaan

Photo by rawpixel.com from Pexels

Interview kerja merupakan salah satu tahap yang cukup menegangkan dalam proses rekrutmen. Pada tahap ini biasanya banyak kandidat yang merasa tegang dan tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh perusahaan.

Pertanyaan apa saja yang biasanya diberikan pihak perusahaan kepada kandidat? Cek di artikel berikut ini.

Apa Yang Anda Ketahui Mengenai Perusahaan Kami?

Pertanyaan ini sebenarnya merupakan sebuah pertanyaan yang sangat standar dan selalu muncul ketika wawancara kerja. Tetapi, masih banyak juga kandidat yang masih kesulitan untuk menjawab pertanyaan ini.

Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya Anda bisa melakukan riset mengenai perusahaan tersebut. Carilah informasi mengenai bisnis dan produk yang mereka miliki, bagaimana cara penjualannya dan berbagai informasi lainnya menhenai perusahaan tersebut.

Bisa Ceritakan Mengenai Diri Anda?

Pertanyaan ini biasanya menjadi pertanyaan pembuka dari rekruter kepada kandidat. Sebenarnya pertanyaan ini mudah, tetapi terasa menjadi jebakan jika cerita yang kita berikan ternyata tidak sesuai dengan keinginan rekruter.

Untuk menjawab pertanyaan ini berikanlah informasi yang secukupnya mengenai diri Anda dalam hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan pencapaiannya. Tidak perlu membahas lebih banyak mengenai kehidupan pribadi Anda.

Baca Juga : Baru Lulus? Ini Cara Negosiasi Gaji

Apa Yang Menjadi Kelebihan Anda?

Ini memang sebuah pertanyaan yang cukup menjebak dan sulit untuk menjawab. Karena bila kita terlalu berlebihan, rekruter bisa menilai Anda cukup sombong. Di sisi lain, bila Anda tidak menyebutkan kelebihan dan kemampuan yang dimiliki, bisa jadi rekruter menilai Anda tidak cakap untuk pekerjaan tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan ini, ceritakan lah hal yang Anda memang ahli beserta pencapaiannya dan berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Apa Rencana Anda 5 Tahun Ke Depan?

Pertanyaan ini pasti sering Anda temukan ketika melakukan interview kerja. Untuk pertanyaan ini sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti dan paling benar untuk pertanyaan ini.

Rekruter hanya ingin mendengar mengenai visi Anda dalam menjalani kehidupan dan karir. Bila Anda memang tidak yakin dengan apa yang akan Anda lakukan lima tahun ke depan, cobalah untuk membahas apa yang ingin Anda lakukan.

Berapa Gaji Yang Anda Harapkan?

Pertanyaan mengenai gaji memang cukup menyulitkan karena kita terkadang tidak tahu berapa angka yang tepat. Tetapi saat ini untuk mengecek gaji bukanlah sebuah hal sulit.

Anda bisa melakukan riset secara online terlebih dahulu dengan mengunjungi berbagai website yang ada. Salah satu contoh yang bisa Anda jadikan referensi adalah situs Qerja.com yang memberi informasi mengenai gaji dan review perusahaan.

Beberapa pertanyaan tadi pastinya akan Anda temukan ketika melakukan interview pekerjaan. Tetapi, janganlah terlalu berfokus kepada pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Fokuslah kepada suasana dan juga visi perusahaan tersebut sehingga Anda bisa nyaman bekerja nantinya. Harus diingat juga bahwa interview merupakan sebuah proses dua arah sehingga ada baiknya Anda juga banyak bertanya mengenai perusahaan tersebut.

Baca Juga : Tiga Hal Yang Sebaiknya Tidak Ditanyakan Pada Interview Awal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.