Empat Kesalahan Fresh Graduate Dalam Mengelola Keuangan

Fresh graduate yang baru bekerja biasanya akan merasakan perubahan pola hidup dari mahasiswa menjadi pegawai. Dalam hal ini fresh graduate tersebut sudah mendapatkan pendapatan sebagai seorang pegawai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tetapi, tidak sedikit fresh graduate yang melakukan kesalahan dalam mengelola keuangannya saat mulai bekerja. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

Tidak Memiliki Tabungan

Kesalahan pertama yang cukup banyak adalah tidak memiliki tabungan. Hal ini sebenarnya bisa jadi disebabkan oleh pola hidup sebelumnya sebagai mahasiswa.

Umumnya mahasiswa di Indonesia kesulitan untuk menabung karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Tetapi, bila sudah menjadi seorang pekerja tentunya kebiasaan tidak menabung ini hendaknya bisa dihilangkan.

Usahakannlah untuk menyisihkan gaji yang Anda miliki untuk menabung walaupun tidak banyak. Setidaknya ada sisa gaji yang bisa Anda nikmati di masa mendatang

Hidup Boros

Fresh graduate yang baru memiliki gaji biasanya memiliki pola hidup konsumtif yang cukup tinggi. Tidak jarang gaji habis hanya untuk membeli barang atau makanan dalam waktu yang cukup singkat.

Perubahan pola hidup ini bisa muncul karena tekanan lingkungan yang sudah berubah. Adanya keharusan psikologi untuk tampil mapan dan mampu setelah bekerja kadang memaksa fresh graduate untuk bersikap seperti itu.

Mengandalkan Kartu Kredit

Memiliki penghasilan berarti sudah memenuhi persyaratan awal untuk menggunakan kartu kredit. Permasalahan yang cukup fatal adalah fresh graduate terkadang tidak tahu bagaimana menggunakan kartu kredit secara bijak.

Terkadang jumlah pinjaman kredit yang dimiliki melebihi kemampuan dari pekerja tersebut untuk membayar. Tentunya ini bukan sebuah kondisi yang baik bagi seorang pegawai.

Tidak Melakukan Investasi

Investasi merupakan sebuah proses fungsinya adalah untuk menambah nilai kekayaan yang kita miliki di masa depan. Kegiatan ini memang tidak mudah dan membutuhkan ketekunan dari pekerja tersebut.

Fresh graduate yang baru bekerja umumnya beum berminat untuk berinvestasi. Padahal nilai yang disimpan dalam bentuk tabungan bisa menurun nilainya dalam waktu beberapa tahun saja.

Nah, dari keempat kesalahan tersebut mana nih yang career seeker sangat berusaha hindari?

Baca Juga : Anda Sering Kehabisan Uang Sebelum Saatnya? Begini Cara Mengatasinya!

 

 

3 thoughts on “Empat Kesalahan Fresh Graduate Dalam Mengelola Keuangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.