Ingin Mendapatkan Pekerjaan Dari Job Fair? Lakukan 3 Langkah Ini!

Mengikuti job fair merupakan salah satu cara yang masih banyak dipilih oleh pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya hal ini sangat wajar karena job fair biasanya menyediakan banyak pekerjaan dari berbagai perusahaan dalam satu waktu dan tempat.

Sehingga pencari kerja tidak perlu repot lagi untuk mencari lowongan kerja karena sudah tersedia di depan mata. Tetapi mengingat pengunjung job fair juga tidak sedikit, terkadang persaingannya bisa benar-benar sangat sulit untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Lalu, bagaimana cara menyiasati hal ini? Baca sampai terakhir ya!

Pilih Lowongan Paling Sesuai

Pilihlah lowongan yang paling sesuai dengan latar belakang yang kita miliki terutama dalam segi pendidikan formal. Selain pendidikan, kamu juga bisa memilih lowongan kerja berdasarkan pengalaman magang atau kerja yang pernah kamu ikuti.

Dengan latar belakang yang kuat dan sesuai, rekruter bisa melihat bahwa kamu memiliki pengetahuan yang cukup untuk bekerja di posisi tersebut.

Buat Resume Yang Menarik

Percaya atau tidak, resume atau cv yang kita berikan kepada rekruter sangat berpengaruh bagi Anda untuk lolos ke tahap selanjutnya. Buatlah cv yang menarik dan mudah dimengerti oleh rekruter.

Jangan cantumkan informasi yang kurang penting atau tidak dibutuhkan oleh rekruter. Daripada membuat sebuah resume yang berwarna-warni lebih baik membuat resume yang sederhana dan mudah dimengerti orang lain.

Baca Juga : Perbedaan Antara Curriculum Vitae (CV) dengan Resume. Apa Saja Ya Bedanya?

Berinteraksi Dengan Rekruter

Bila ada hal yang masih kurang jelas, ada baiknya kamu tanyakan langsung kepada rekruter yang ada di tempat. Bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan informasi baru yang lebih penting.

Cobalah bertanya untuk mengetahui apa saja yang diperlukan oleh rekruter agar kalian bisa melamar di posisi tersebut. Cara ini layak dicoba agar kalian tidak sia-sia datang ke job fair.

Tiga hal diatas tadi tentunya bisa kamu lakukan ketika mengunjungi job fair manapun. Satu hal yang harus diingat adalah jangan pernah menyerah untuk menemukan karir impian.

Cek selalu karir.com untuk menemukan berbagai lowongan kerja yang bisa kalian lamar dengan sangat mudah!

Baca Juga : Daftar Management Trainee, Apa Saja Keuntungannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.