Mengapa Saya Masih Belum Dapat Panggilan Kerja Dari Lamaran Saya ?

Panggilan interview kerja tentunya menjadi sebuah kabar menggembirakan bagi para pencari kerja. Tetapi, tidak jarang untuk mendapatkan panggilan kerja bukanlah sebuah hal yang mudah. Bahkan ini merupakan sebuah pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan oleh pengguna karir.com.

Untuk menjawab pertanyaan ini memang tidak mudah karena ada berbagai faktor yang mempengaruhi. Tapi mari kita c0ba untuk melihat dari perspektif lain dari sisi perusahaan untuk mengetahui jawabannya.

Tidak Sesuai Kualifikasi

Harus disadari oleh pencari kerja bahwa proses rekrutmen adalah sebuah proses yang cukup rumit dan tidak mudah. Perusahaan harus mau tidak mau mencari calon pegawai yang sesuai dengan kebutuhan posisi dari perusahaan.

Akan menjadi sebuah hal yang sangat merepotkan bagi sebuah perusahaan bila akhirnya mempekerjakan orang yang salah. Oleh karena itu perusahaan akan sangat berhati-hati dalam menerima pegawai.

Kualifikasi pekerjaan yang sudah dibuat tentunya menjadi patokan utama bagi perusahaan dalam menerima pegawai. Kualifikasi ini tentunya disesuaikan dengan job desc dari posisi tersebut agar pencapaian kerja bisa mencapai maksimal.

Jadi, bila kamu belum dipanggil oleh pihak perusahaan, ada kemungkinan profil kamu tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Informasi Lamaran Tidak Lengkap

Seorang rekruter memiliki waktu yang sangat sedikit untuk memeriksa berkas lamaran yang kamu kirim. Selain itu biasanya mereka juga meminta dokumen pendukung lainnya untuk melamar kerja di sebuah posisi.

Karena sempitnya waktu, rekruter terkadang tidak meneruskan berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak jelas. Keputusan ini diambil agar kandidat yang sudah sesuai bisa diproses lebih cepat.

Agar hal ini tidak terjadi kepada kalian, lakukan cek lamaran kalian sebelum dikirimkan. Pastikan seluruh informasi dan dokumen sudah lengkan dan sesuai dengan persyaratan dari perusahaan untuk posisi yang kalian inginkan.

Baca Juga : Tiga Kesalahan Melamar Kerja Yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Mengirim Lamaran Seenaknya

Terkadang perusahaan membuka kesempatan untuk melamar melalui email perusahaan atau rekruternya secara langsung. Ini sebenarnya dilakukan agar proses lamaran bisa dilakukan lebih cepat.

Tetapi, masih banyak pelamar yang tidak bisa memanfaatkan hal ini dengan baik. Masih banyak pelamar yang mengirimkan email sesuka hatinya tanpa mengetahui bagaimana cara mengirim email yang baik kepada perusahaan.

Walau channel tersebut sudah dibuka untuk pelamar tetap saja ada etiket untuk melamar kerja. Jangan pernah mengirim lamaran kerja melalui email hanya dengan melampirkan dokumen pribadi bahkan terkesan sebagai email kaleng yang tidak jelas.

Gunakan subject email yang sudah disediakan oleh perusahaan, bila tidak ada kamu bisa sesuaikan subjectnya tapi pastikan mudah dimengerti oleh penerima. Ceritakan latar belakang serta tujuan kalian mengirim email tersebut. Jangan lupa kalimat penutup serta nomor kontak yang bisa dihubungi oleh rekruter.

Cara ini bisa membuat rekruter mengetahui latar belakang dan juga maksud kalian mengirim email tersebut. Setidaknya pihak perusahaan bisa tahu bahwa kalian adalah kandidat yang profesional dan tahu bagaimana berbicara dalam konteks bisnis.

Nah, ketiga faktor tadi tentunya hanya sedikit alasan mengapa ada kandidat masih sulit mendapatkan panggilan kerja. Inilah sebenarnya yang harus dipahami oleh pencari kerja bahwa kesempatan untuk mendapatkan panggilan kerja memang sangat rumit dan sulit.

Tetapi bukan berarti kamu harus berkecil hati dan menyerah dalam mencari karir impianmu. Teruslah mengasah kemampuan dan perbaiki diri agar semakin menarik minat perusahaan untuk merekrut kamu. Jangan menyerah ya, Career Seeker!

Baca Juga : Informasi Apa Saja Yang Wajib Ada Dalam Lamaran Kerja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.