Apa Yang Rekruter Lihat Dari CV Yang Kamu Kirim

Menurut Business Insider, Hiring Manager atau Rekruter hanya membutuhkan waktu enam detik saja untuk melihat resume. Dengan waktu sesingkat ini tentunya akan kamu tidak bisa memuat terlalu banyak informasi dalam lamaran yang kamu buat.

Informasi apa saja yang sebaiknya kamu cantumkan dalam lamaran yang kamu buat? Berikut ini karir.com berikan sedikit contekannya.

Nama

Pastikan nama kamu tertulis dengan benar dan tidak salah. Karena kesalahan kecil dalam penulisan nama bisa berakibat cukup buruk bagi kamu sebagai pengirim lamaran. Menulis nama saja sudah salah, bagaimana dia akan bekerja?

Posisi Saat Ini

Poin selanjutnya yang biasanya menjadi highlight dari resume yang dikirim adalah posisi yang dimiliki kandidat saat ini. Poin ini memiliki nilai yang cukup penting bagi rekruter untuk mengetahui sejauh mana pengalaman kandidat dalam bidang yang digelutinya.

Bila kalian masih fresh graduate atau belum memiliki pekerjaan bagian ini bisa diganti dengan pengalaman magang.

Baca Juga : Belum Memiliki Pengalaman Kerja Di CV? Atasi Dengan Cara Berikut Ini!

Tanggal Masuk dan Keluar

Untuk menduduki sebuah jabatan tentunya membutuhkan pengalaman dengan jangka waktu tertentu. Oleh karena itu biasanya rekruter akan melihat berapa lama seorang kandidat pernah berada di jabatan tertentu.

Selain itu, biasanya rekruter melakukan ini untuk mengetahui bagaimana tingkat loyalitas kandidat tersebut. Walaupun sebenarnya tidak ada standar baku mengenai tingkat loyalitas dengan banyaknya waktu yang dihabiskan di sebuah perusahaan. Hanya saja rekruter tentunya tidak ingin memliki pegawai yang memiliki masalah di tempat kerja.

Pengalaman Kerja Sebelumnya

Rekruter akan melihat riwayat kerja kandidat berdasarkan jabatan apa saja yang pernah dimiliki. Mereka umumnya ingin melihat sejauh mana kandidat bisa menyesuaikan

Poin-poin tersebut tentunya tidak menjadi sebuah penilaian yang absolut dan menyampingkan poin lainnya di dalam sebuah cv kandidat. Hanya saja dengan waktu yang sangat singkat tersebut, para rekruter melakukan screening untuk memastikan bahwa kandidat yang hadir memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari peluang karir terbaru, jangan lupa untuk mengunjungi halaman lowongan kerja terbaru dari karir.com, ya!

Baca Juga : Mengapa Saya Masih Belum Dapat Panggilan Kerja Dari Lamaran Saya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.