Pentingnya Membangun Networking Bagi Fresh Graduate

Dalam dunia kerja, membangun networking atau jejaring profesional merupakan sbeuah hal yang penting. Ini tentunya menyangkut kepada reputasi dan juga tuntutan kerja yang membutuhkan relasi yang cukup luas.

Lalu mengapa para fresh graduates juga harus mulai membangun networking juga?

Mulai Di Bangku Kuliah

Membangun networking sebenarnya memang tidak perlu ketika memasuki dunia kerja. Kamu bisa memulai untuk mencari koneksi sejak dari bangkau kuliah.

Koneksi ini bisa dicari dengan mengikuti berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan ketika masih berada di bangku kuliah. Misalnya dengan mengikuti kegiatan UKM atau juga kegiatan Himpunan.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengikuti kegiatan workshop atau juga volunteering yang biasanya banyak dibuka untuk mahasiswa.

Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?

Untuk membangun networking memang tidak mudah terutama bagi fresh graduates. Tetapi, kamu juga tidak perlu buru-buru dalam membuat networking ini karena jalan karir setiap orang pun pasti berbeda-beda.

Untuk langkah awal untuk membangun networking adalah dengan menentukan tujuan dari membuat networking itu sendiri. Bila dari awal kamu hanya berniat untuk gaya-gayaan saja, tapi bisa memanfaatkan dengan baik maka akan percuma.

Buatlah tujuan networking yang akan kamu buat dengan jelas misalnya untuk menjadi mentor, melakukan kegiatan khusus dan sebagainya.  Setelah itu kalian bisa mencari -orangorang yang menurut kalian sesuai dengan tujuan tersebut. Bukalah selebar mungkin pintu networking yang kalian buat karena semakin banyak akan semakin bagus.

Tetapi tetaplah berpatokan pada tujuan awal tadi sehingga networking yang kamu buat tidak memiliki deviasi yang baik. Sebelum kalian berusaha untuk mendekati orang tertentu, sadarlah dengan cara bersikap kita untuk mendekati orang tersebut. Sikap saat kita dengan networking yang satu tingkat dengan tingkatan yang lebih atas atau bawah tentunya harus berbeda.

Treatment inilah yang nantinya bisa menentukan sejauh mana networking yang kita buat akan bernilai. Memang kita tidak bisa berharap semua orang akan berlaku baik dan bisa menerima kita apa adanya. Setidaknya bila kamu berbuat baik dan sopan, kamu sudah mendapatkan penilaian yang cukup baik dari orang tersebut.

Baca Juga : Jangan Khawatir Image Anda Rusak, Begini Cara Tolak Tawaran Kerja yang Sopan

Memanfaatkan Networking Dalam Karir

Memanfaatkan networking dalam karir memang tidak bisa seenaknya. Karena menyangkut persoalan dan kebutuhan orang lain juga yang tidak bisa dihindari.

Tetapi hal ini akan menjadi mudah saat kamu dan networking yang kamu miliki memiliki tujuan yang sama. Carilah orang-prang yang memiliki pekerjaan atau kesenangan yang sama akan suatu hal. Buatlah grup yang lebih kecil dari networking yang kamu punya dan mulailah  untuk mengemukakan ide yang kamu punya.

Seluruh proses tadi tentunya memang tidak mudah dan membutuhkan banyak kepercayaan diri. Tidak perlu tergesar harus memiliki jaringan profesional yang banyak dengan waktu yang singkat. Mulailah secara perlahan dan bertingkat tetapi pastikan kamu melakukannya sejak awal karir sehingga jaringan yang kamu buat bisa bertahan lebih lama.

Nah, sudah mulai terbayang untuk membuat networking profesional di masa depan?

Baca Juga : Empat Kesalahan Fresh Graduate Dalam Mengelola Keuangan

 

One thought on “Pentingnya Membangun Networking Bagi Fresh Graduate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.