Tiga Trend Dunia Kerja Di Era Digital

Perubahan teknologi dan gaya hidup di masyarakat telah mengubah dunia bisnis secara perlahan-lahan menjadi lebih modern dan fleksibel. Hal ini rupanya juga berlaku dalam dunia kerja yang ada saat ini.

Trend-trend baru mulai muncul di dunia kerja saat ini seiring dengan teknologi yang digunakan di lingkungan bisnis. Apa saja trend yang muncul di dunia kerja saat ini? Cek informasinya di artikel berikut ini.

Freelancing Menjadi Pilihan Karir

Menjadi seorang freelance atau paruh waktu mungkin bukan sebuah pilihan karir yang utama di era 80-90an. Ketidakpastian waktu kerja dan juga penghasilan yang tidak tetap menjadi pertimbangan mengapa menjadi seorang freelancer tidak menjadi pilihan utama.

Tetapi dengan maraknya situs yang menyediakan jenis pekerjaan ini menjadikan pekerjaan freelance akhirnya mendapatkan tempat bagi para pekerja saat ini. Dengan menjadi pekerja freelance, mereka merasa lebih bebas untuk bekerja daripada harus terkekang dalam kehidupan kantor. Selain itu para pekerja lepas juga merasa lebih dihargai kemampuannya karena yang mengatur pekerjaan adalah mereka sendiri.

Baca Juga : Keahlian Yang Banyak Dibutuhkan Oleh Perusahaan Startup Teknologi

Munculnya Co-Working Space

Semakin mahalnya biaya sewa gedung dan area perkantoran menjadikan co-working space menjadi pilihan utama untuk bekerja. Biasanya co-working space ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan startup yang masih belum mampu menyewa gedung operasional.  Selain digunakan oleh perusahaan startup, co-working space juga banyak digunakan oleh para pekerja freelance yang ingin mendapatkan suasana berbeda ketika bekerja.

Co-working space biasanya sudah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh penyewa seperti telepon, air minum, toilet, wifi bahkan hingga ruang rapat. Harga untuk menyewa co-working space ini sangat bervariasi dan tergantung dari fasilitas apa saja yang ingin digunakan. Harga rata-rata yang dipatok untuk menikmati co-working space ini berkisar antara Rp1.5 – 2 juta per bulan untuk fasilitas lengkap.

Bekerja Dari Rumah Menjadi Pilihan

Semakin banyaknya teknologi pendukung untuk sebuah perusahaan beroperasi membuat perusahaan tidak perlu mengawasi pekerjanya selama 24 jam. Berbagai report dan hasil pekerjaan bisa langsung dipantau dengan teknologi cloud server.

Hal ini memungkinkan para pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dari rumah tanpa perlu repot datang ke kantor. Memang tidak semua perusahaan mengadaptasi hal ini sekarang. Tetapi di masa depan bukan tidak mungkin gedung perkantoran tidak terlalu dibutuhkan dan hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja.

Bagaimana menyikapi trend tersebut?

Memang tiga contoh tadi hanyalah gambaran singkat mengenai trend yang terjadi di dunia kerja saat ini. Tetapi bukan tidak mungkin hal tersebut bisa terjadi di Indonesia ini dalam waktu yang sangat singkat.

Dalam menyikapi perubahan trend ini tidak ada salahnya bagi para fresh graduates atau yang sedang mencari kerja untuk mulai sedikit belajar mengenai teknologi-teknologi terbaru. Carilah informasi  mengenai cloud softwarwe yang saat ini banyak digunakan seperti Slack, Trello, Google Product dan sejenisnya.

Semakin terbiasa kalian menggunakannya, maka akan semakin mudah kalian untuk beradaptasi di masa depan nantinya. Nah, apakah kalian setuju?

Baca Juga : Mengapa Saya Masih Belum Dapat Panggilan Kerja Dari Lamaran Saya ?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.