Tipe Ruangan Kantor Yang Banyak Digunakan Di Indonesia

Sadar atau tidak, para pekerja biasa menghabiskan 1/3 waktu mereka setiap harinya di lingkungan kantor. Oleh karena itu, tidak jarang perusahaan membuat ruangan kantor senyaman mungkin agar pekerjanya bisa betah bekerja.

Di Indonesia sendiri ada beberapa tipe ruangan kantor yaang banyak digunakan. Beberapa pilihan ini memang disesuaikan dengan kondisi dan juga budget keuangan yang dimiliki.

Tipe Open Space

priya-november-2018-office-layouts2-ambient-concept-provided-resized

Pilihan kantor open space biasanya dipilih agar ruangan bisa terlihat lebih luas dan memudahkan untuk berkolaborasi antar bagian perusahaan. Tipe ini biasanya banyak dipilih saat ini oleh perusahaan-perusahaan startup yang membutuhkan komunikasi yang cepat.

Kekurangan tipe kantor seperti ini adalah kurangnya privasi antar pegawai sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Kekurangan lainnya yang sering muncul adalah tidak adanya ruangan untuk meeting.

Tipe Cubicle

work-environment

Kantor tipe cubicle memang bukan sebuah hal yang baru dalam dunia kerja. Desain kantor yang menggunakan cubicle di desain untuk memberikan privasi kepada para pekerjanya. Tipe kantor seperti ini biasanya digunakan di perusahaan yang memiliki lini bisnis yang sudah stabil.

Tetapi dengan menggunakan cubcicle ini memang membuat agak sulit untuk berkoordinasi. Setiap pegawai harus mencari sendiri cubcicle yang tepat jika mencari seseorang.

Tipe Cluster

10447619_647679698653214_7684364340541907823_n

Tipe cluster merupakan penataan ruangan yang digunakan berdasarkan kepada fungsi departemen yang menempati ruang tersebut. Biasanya penataan ruangan tipe cluster menggunakan perpaduan antara cubicle dengan open space.

Setiap meja diatur berdasarkan fungsi masing-masing dengan memberikan sekat diantara departemen yang berbeda. Dengan melakukan sistem cluster, diharapkan komunikasi dan kerja internal tim akan meningkat.

Tipe Coworking Space

huckletree-1-e1470745591636

Tipe coworking space mungkin adalah tipe ruangan kantor yang disukai oleh generasi milenial. Dengan menggunakan konsep coworking space, setiap orang bebas bekerja dimanapun sesuai keinginan dari pekerja tersebut. Bahkan beberapa kantor menyediakan fasilitas pendukung lainnya seperti ruang permainan atau fussal yang bisa digunakan semua orang.

Tipe kantor seperti ini kadang dianggap nyaman oleh pekerja milenial, tetapi bagi orang yang terbiasa bekerja di lingkungan konvensional pastinya agak sulit. Karena kemungkinan untuk terdistraksi dari pekerjaan sangatlah tinggi. Belum lagi dengan privasi yang sangat minim, membuat kamu harus berhati-hati menyimpan barang pribadi.

Nah, dari keempat tipe kantor tadi kira-kira tipe ruangan mana yang cocok dengan kamu? Jangan lupa untuk selalu mencari lowongan kerja terbaru di karir.com dan dapatkan karir impian kalian di sini!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.