Hati-Hati Modus Penipuan Lowongan Kerja, Pahami Ciri-Cirinya!

penipuan lowongan kerja

Kejahatan bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk kepada pencari kerja. Penipuan lowongan kerja memang sangat marak terjadi saat ini.

Para penipu tersebut tetap mencari kelengahan dari para pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa modus dan ciri yang biasa dilakukan oleh para penipu tersebut.

Meminta Uang Training

Kegiatan training atau pelatihan karyawan merupakan sebuah kegiatan yang umum dilakukan perusahaan. Kegiatan ini bertujuan agar karyawan semakin cakap dan kompeten dalam bidang pekerjaannya.

Tetapi hal ini menjadi salah satu modus penipuan lowongan kerja yang ada saat ini. Para pencari kerja biasanya akan dipanggil untuk melakukan interview. Setelah proses interview dilakukan maka penipu ini akan menginformasikan bahwa mereka lolos dengan syarat harus membayar sejumlah uang.

Alasannya uang tersebut akan digunakan untuk melakukan pelatihan kerja dan bersifat wajib. Bagi yang membayar mereka memang akan di training untuk melakukan beberapa pekerjaan yang jauh berbeda dengan yang dijanjikan.

Membayar tiket perjalanan

Salah satu modus lainnya yang sering terjadi adalah penipuan dengan menggunakan travel. Para penipu biasanya akan mengundang pencari kerja untuk melakukan interview di lokasi yang jaraknya cukup jauh dari lokasi pelamar.

Melalui surat yang dikirim, para penipu tersebut menginformasikan bahwa pelamar wajib untuk menggunakan travel yang sudah dipilih. Selain itu mereka juga biasanya akan berdalih untuk mengganti uang tersebut di tempat tujuan.

Para korban yang tertipu biasanya tidak mendapatkan tiket yang mereka pesan. Begitupun dengan uang penggantian yang dijanjikan sama sekali tidak pernah ada.

Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Dilansir dari Qerja.com, berikut ini adalah ciri-ciri penipuan lowongan kerja yang harus kamu waspadai. Ada beberapa ciri yang bisa kita lihat dari penipuan tersebut.

  • Adanya Pungutan Atau Biaya Yang Tidak Jelas

Bila Anda mendapati sebuah perusahaan mewajibkan Anda untuk membayar untuk sebuah tahap rekrutmen, maka sudah dipastikan itu adalah penipuan. Jangan terlalu percaya dengan ancaman dan ucapan perusahaan semacam ini karena jelas-jelas mereka akan merugikan Anda.

Dalam sebuah proses rekrutmen, seluruh biaya yang timbul merupakan beban dari perusahaan. Tidak seharusnya perusahaan membebankan biaya tersebut kepada kandidat.

  • Identitas Perusahaan Tidak Jelas

Pastikan identitas perusahaan bisa mudah diketahui. Mulai dari alamat, nomor kontak hingga alamat email. Cobalah untuk memeriksanya melalui internet atau social media sebelum Anda mendatangi tempat interview.

  • Menggunakan Domain Web Gratis

Salah satu ciri yang sangat khas adalah dengan menggunakan alamat email dengan domain gratis seperti gmail atau yahoo. Bila mendapatkan email panggilan kerja seperti ini jangan terlalu senang dulu ya.

  • Tawaran Terlalu Menggiurkan

Tawaran dari perusahaan penipu biasanya sangat menggiurkan dengan iming-iming gaji besar untuk sebuah posisi. Agar Anda tidak terjebak, cobalah untuk membandingkan gaji untuk sebuah posisi di perusahaan. Gunakan halaman Gaji di qerja.com untuk membandingkan gaji dengan mudah.

  • Deskripsi Pekerjaan Tidak Jelas

Selain menawarkan gaji yang besar, perusahaan penipu juga tidak menjelaskan dengan detail pekerjaan yang akan Anda lakukan. Bila mendapatkan telepon undangan interview, usahakan agar Anda mengetahui lowongan kerja apa yang sebenarnya mereka tawarkan.

  • Dibuat Terburu-buru Memutuskan Suatu Hal

Kebiasaan yang sering muncul adalah perekrut biasanya akan membuat Anda terburu-buru memutuskan suatu hal. Mereka akan berusaha mendesak Anda agar mau mengikuti permintaan mereka dengan berbagai alasan seperti sudah ada kandidat lain, kemungkinan ditolak lebih besar dan sebagainya.

  • Terlalu Berlebihan

Agar nampak meyakinkan calon korban, beberapa penipu berusaha sangat keras untuk terlihat bahwa mereka tidak menipu. Bahkan sampai mencantumkan materai di dalam surat panggilan yang mereka kirim. Contoh lainnya yang bisa kita lihat adalah penggunaan logo perusahaan yang berlebihan dalam satu surat.

  • Diterima Bekerja Tanpa Syarat

Bila mendapatkan undangan interview yang menjanjikan pekerjaan tanpa syarat khusus, maka Anda harus waspada. Cara ini biasanya juga menjadi salah satu modus untuk menarik kandidat untuk datang ke tempat penipuan.

Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Untuk menghindari penipuan lowongan kerja, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

  • Buat Daftar Lamaran Pekerjaan

Buatlah daftar lamaran apa saja yang sudah Bila Anda tidak pernah merasa melamar ke sebuah perusahaan tapi mendapatkan undangan interview, maka Anda patut waspada dengan hal ini.

  • Teliti Terhadap Undangan Wawancara

Bila mendapatkan sebuah undangan untuk wawancara, pastikan undangan tersebut memang benar adanya. Periksa dulu mengenai identitas perusahaan tersebut.

Periksa nomor kontak, email dan surat yang Anda terima dengan hati-hati. Pastikan bahwa tidak ada hal yang mencurigakan baik dari bentuk surat maupun alamat serta nomor kontak yang digunakan oleh penipu.

  • Cek Riwayat Perusahaan

Berkat perkembangan teknologi, saat ini tidak sulit untuk mengetahui riwayat sebuah perusahaan. Tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit riset dengan mencari informasi mengenai perusahaan tersebut melalui internet.

Melalui laman qerja.com, Anda juga bisa melakukan hal ini untuk mengetahui review dari perusahaan-perusahaan terbaik yang ada di Indonesia. 

  • Cek Layanan dan Produk Perusahaan

Selain melakukan riset mengenai riwayat perusahaan, Anda juga bisa memastikan layanan dan jasa apa saja yang dimiliki perusahaan tersebut. Bila perusahaan ini memang ada, tentunya mereka memiliki produk dan layanan yang bisa digunakan oleh konsumennya.

  • Cek Website Resmi

Bila Anda mendapatkan undangan yang mencurigakan, tidak perlu ragu untuk memeriksanya melalui laman resmi milik perusahaan. Biasanya perusahaan besar atau BUMN memiliki halaman resmi untuk melakukan rekrutmen pegawai.

Halaman tersebut biasanya hanya dibuka jika memang ada lowongan pekerjaan yang bisa Anda lamar.

Nah, semoga Career Seekers tidak mengalami kejadian penipuan lowongan kerja ya. Tetap berhati-hati dan selalu waspada karena kejahatan ini sudah cukup sering terjadi mengincar para pencari kerja.

One thought on “Hati-Hati Modus Penipuan Lowongan Kerja, Pahami Ciri-Cirinya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.