Lima Hobi Ini Bisa Membantu Kamu Mendapatkan Uang Lebih Banyak Lho!

pilihan hobi menghasilkan uang

Kita tentunya sering mendengar jargon, “pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar,”. Jargon tersebut tentunya memang benar adanya bagi orang menjadikan hobi mereka sebagai jalan karir untuk mendapatkan penghasilan.

Tapi bila kamu bisa bekerja di kantor sekaligus mendapatkan uang dari hobi, kenapa tidak kan? Berikut ini beberapa hobi yang bisa menghasilkan uang tambahan lho!

Menulis

Jika kamu senang untuk membagikan informasi melalui tulisan maka menjadi penulis lepas bisa jadi pilihannya. Saat ini kita bisa mendapatkan penghasilan melalui tulisan dengan menggunakan berbagai platform.

Mulai dari platform yang gratis seperti blogger atau wordpress, bahkan hingga menerima klien dari luar negeri. Selain itu kamu juga bisa untuk menjajal hobi kamu hingga dijadikan buku oleh penerbit.

Fotografi

Hobi yang satu ini memang dikenal mahal karena peralatan yang digunakan memang harganya tidak murah. Tetapi jika kamu jeli melihat peluang, maka bisnis sampingan sebagai fotografer bisa menjadi pilihan.

Fotografer sendiri memiliki berbagai cabang yang bisa kamu geluti mulai dari mulai dari fotografer makanan hingga acara pernikahan. Kamu juga bisa menjadi kontributor untuk berbagai macam situs photostock dan menjual hasil karya kamu secara online. Asik kan?

Memasak

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang sudah ada sejak lama. Jika kamu hobi memasak rasanya mulai terjun di bisnis katering bisa menjadi pilihan.

Tentu saja skala usahanya harus disesuaikan dengan kegiatan utama yang kamu miliki juga. Cara lainnya adalah dengan menjadi vendor makanan untuk acara pesta atau perayaan dengan skala kecil.

Mengikuti Komunitas

Bagi kamu yang merasa aktif dan senang berkumpul dengan berbagai komunitas, jangan sampai hal ini hanya membuang waktu. Manfaatkan jejaring yang kamu miliki untuk melakukan berbagai bisnis.

Kamu bisa memanfaatkan komunitas yang kamu miliki sebagai partner bisnis atau pembeli dari produk dan jasa yang kamu miliki. Tentunya kita tetap harus mengutamakan keadaan komunitas yang kita ikuti ya. Jangan sampai bisnis malah membuat komunitas yang kamu miliki nantinya.

Grafis dan Video

Jika kamu senang dengan dunia desain grafis atau video, tidak ada salahnya kamu mulai memanfaatkan hobi kamu untuk penghasilan tambahan. Kamu bisa memanfaatkan platform gratis seperti youtube.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi freelancer. Selain mendapatkan bayaran, kamu juga tetap mengikuti hobi kamu.

Nah, diantara hobi-hobi diatas tadi, mana yang menjadi hobi favorit mu?

4 thoughts on “Lima Hobi Ini Bisa Membantu Kamu Mendapatkan Uang Lebih Banyak Lho!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.