Bolehkah Melamar Pekerjaan Tanpa Syarat Kualifikasi Yang Sesuai?

kualifikasi lowongan kerja

Pencari kerja terkadang menggunakan berbagai cara untuk bisa mendapatkan pekerjaa. Salah satu yang paling sering terjadi adalah dengan melamar di lowongan tanpa kualifikasi yang sesuai.

Apakah hal ini sebenarnya adalah sebuah hal yang aman untuk dilakukan? Simak pembahasannya berikut ini.

Alasan Dibutuhkannya Kualifikasi

Alasan utama mengapa perusahaan atau rekruter menetapkan kualifikasi utnuk lowongan tertentu adalah untuk memastikan bahwa pekerja tersebut cakap dan mampu melakukan pekerjaan tersebut. Jika pekerja tersebut tidak memenuhi kualifikasi, tentunya akan timbul gap antara hasil pekerjaan dengan target yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu biasanya rekruter akan memberikan persyaratan lamaran agar gap tersebut tidak terlalu lebar atau sulit untuk dipenuhi oleh pekerja.

Sejauh Mana Ingin Mencoba

Bagi pencari kera, rasanya sah-sah saja jika ingin mencoba per utuntungan dengan melamar ke posisi yang kira-kira cocok. Tapi jangan terlalu banyak berharap kamu bakal mendapatkan pekerjaan dengan cara ini.

Karena perusahaan pastinya tetap menilai kemampuan yang kamu miliki untuk pekerjaan tersebut. Bila kamu dinilai cocok untuk pekerjaan tersebut ada kemungkinan mereka akan memberikan tawaran untuk sekedar interview. 

Lalu, Lowongan Seperti Apa Yang Bisa Dicoba? 

Jika memang ingin tetap mencoba melamar meski tidak memiliki kualifikasi yang cukup, pastikan pekerjaan yang kamu lamar masih bersifat umum. Misalnya lowongan kerja di bagian administrasi atau lowongan kerja di bagian sales. Kedua bagian ini biasanya tidak disyaratkan harus memiliki keahlian atau pengalaman khusus. 

Selain itu lowongan untuk fresh graduate biasanya juga tidak memberikan diberikan keahlian khusus kecuali untuk pekerjaan di bagian teknik. Tetapi sekali lagi, tidak ada jaminan bahwa kamu bias langsung bekerja karena tentunya akan banyak pelamar yang mengincar posisi ini.

Saran karir.com yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah skill atau pengetahuan tertentu sebelum benar-benar melamar tanpa kualifikasi sama sekali. Minimal kamu memiliki kemampuan dasar untuk pekerjaan yang akan kamu lamar. Semakin kamu banyak pengetahuan yang kamu miliki tentunya akan semakin besar peluang perusahaan untuk melirik lamaran yang kamu kirimkan.

Untuk menambah pengetahuan ini bisa kamu lakukan dengan cara belajar secara otodidak atau mencoba magang di bidang tersebut. Memang terlihat sulit, tapi dengan melalui tahapan proses tersebut hasil akhirnya bisa lebih baik dibandingkan tanpa keahlian sama sekali.

Bagi kalian yang sedang mencari lowongan kerja terbaru, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mengecek karir.com. Karena ada ratusan lowongan kerja baru setiap harinya dari berbagai perusahaan di Indonesia! 

Baca Juga : Skill Yang Wajib Dimiliki Para Fresh Graduate Saat Ini

 

One thought on “Bolehkah Melamar Pekerjaan Tanpa Syarat Kualifikasi Yang Sesuai?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.