Tiga Tips Menggunakan Sosial Media Bagi Fresh Graduate Agar Dilirik Perusahaan

tips menggunakan sosial media bagi fresh graduate

Bagi generasi milenial dan seterusnya, sosial media bukanlah sebuah hal yang asing dan aneh. tetapi tidak semuanya bisa menggunakan sosial media secara bijak untuk mendukung karir mereka. Tidak jarang saat ini HR Rekruter melakukan background checking kandidat melalui sosial media.

Bagi para fresh graduate yang saat ini sedang mencari pekerjaan tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips ini. Agar sosial media yang digunakan terlihat lebih profesional  ketika HR  Rekruter melakukan background checking.

Hindari Postingan Kontroversial

Pada dasarnya sosial media merupakan medium atau media yang digunakan oleh penggunanya agar bisa bersosialisasi dengan lingkungannya. Cara kita berinteraksi di sosial media secara tidak langsung bisa menujukkan kecenderungan seseorang untuk bersikap di dunia nyata.

Tentunya sebagai perusahaan atau rekruter ingin mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kultur perusahaan mereka. Jadi, sebagai seorang pencari kerja sebiaknya tidak membuat postingan yang sifatnya sensitif dan juga multi tafsir.

Mengeluarkan pendapat di sosial media  memang adalah hak pengguna. Tetapi percayalah, kamu bisa tetap melakukannya nanti saja setelah mendapatkan pekerjaan.

Kurangi Selfie Yang Tidak Perlu

Mengabadikan momen spesial di akun sosial media memang sebuah hal yang cukup wajib saat ini. Tetapi ketika memasuki pasar kerja, kamu harus tahu kapan sebaiknya berhenti memposting foto dengan pose duck face atau terlihat mabuk di weekend bersama teman-teman.

Bagikan hal yang lebih positif dan membangun citra diri yang lebih baik dibandingkan saat kamu kuliah. Ada perubahan di dalam hidup kamu yang lebih baik dan orang lain berhak tahu, begitu juga dengan rekruter.

Ikuti Yang Bermanfaat

Melihat postingan selebgram dengan berbagai kegiatan yang mereka lakukan memang asik! Tapi sekarang tugas kamu adalah membangun karir yang lebih baik untuk diri kamu di masa depan, bukan sekedar mengagumi orang lain.

Daripada kalian menyibukan diri dengan hal tersebut, apakah tidak sebaiknya mulai mengikuti trend atau topik yang berkaitan dengan karir? Ada beberapa contoh social media yang memang dibuat khusus untuk profesional seperti Linkedin atau Medium.com.

Kedua media tersebut biasanya menjadi rujukan dan juga tempat untuk berbagi pengalaman para profesional. Di sana kalian bisa mendapatkan berbagai saran untuk berbagai pekerjaan yang mungkin kalian butuhkan nanti.

Carilah influencer yang kira-kira sesuai dengan passion atau pekerjaan impian kamu. Semakin banyak ilmu yang kamu dapatkan dari mereka, tentunya akan semakin mudah kamu untuk menerapkan ilmu tersebut di pekerjaan kamu nantinya.

Nah, tidak ada salahnya kan untuk memulai tiga hal diatas tadi untuk diterapkan?

Baca Juga : Hati-Hati Modus Penipuan Lowongan Kerja, Pahami Ciri-Cirinya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.