Cara Mengatur Keuangan Untuk Fresh Graduate

Dapat gaji pertama dari hasil bekerja tentunya sangat menyenangkan! Tetapi sebagai seorang fresh graduate, sebaiknya kamu jangan terlena dan banyak foya-foya dengan gaji yang kamu miliki sekarang.

Karena tidak sedikit fresh graduate yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup walaupun sudah naik gaji. Lalu bagaimana cara kita mengatur keuangan yang baik agar seluruh kebutuhan hidup terpenuhi?

Atur Gaya Hidup

Sering kita mendengar anekdot idak ada gaji yang cukup untuk membiayai gaya hidup. Istilah ini memang benar adanya karena tanpa mengatur gaya hidup kita nantinya akan kesulitan untuk mengikutinya.

Sebagai fresh graduate yang belum berkeluarga tentunya akan sangat mudah menghabiskan gaji untuk konsumsi dan gaya hidup. Jika kamu merasa seperti ini sebaiknya segera atur gaya hidup yang biasa dilakukan.

Kurangi pengeluaran dan pembelanjaan yang sifatnya tidak perlu atau bisa dilakukan dalam jangka waktu lama. Misalnya membuat aturan ganti gadget per dua tahun atau mengurangi nongkrong di tempat ngopi premium.

Gunakan Aturan 50/30/20

Aturan 50/30/20 merupakan sebuah aturan yang sangat umum digunakan dalam prinsip financial planning. Dengan menggunakan aturan ini, kamu harus membagi penghasilan yang didapat sesuai dengan prioritas kebutuhan.

Proporsi ini dibagi menjadi tiga kebutuhan pokok yaitu kebutuhan sehari-hari, hutang dan juga gaya hidup. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari memiliki porsi paling besar yaitu 50%. Sedangkan 30% digunakan untuk kebutuhan finansial dan 20% digunakan untuk gaya hidup.

Misalkan kamu memiliki gaji Rp5 juta, maka untuk pembayaran kebutuhan hidup seperti tempat tinggal, pulsa listrik dan telepon, kamu harus menyisihkan sebesar Rp2,5 juta. Sedangkan untuk tabungan atau premi asuransi bisa kamu sisihkan sebesar Rp1,5 juta. Nah, sisa gaji setelah kamu menganggarkan kedua hal tersebut, sebesar Rp1 juta, bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang.

Sebenarnya besaran proporsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan pendapatan yang kamu miliki. Tetapi intinya adalah kamu bisa mengatur untuk tiga hal diatas yaitu biaya hidup, biaya finansial dan juga biaya gaya hidup.

Tentukan Prioritas

Sebagai seorang fresh graduate yang baru bekerja, kamu sebaiknya sudah menentukan prioritas keadaan finansial. Buatlah prioritas tersebut dalam tenggat waktu yang memang rasional dan bisa dilakukan dengan kondisi yang kamu alami sekarang.

Misalnya memiliki rumah dalam waktu 15 tahun setelah mulai bekerja atau ganti mobil baru di tahun kelima bekerja. Dengan menentukan kondisi dan waktu seperti ini kamu akan lebih mudah mengukur sudah sejauh mana pencapaian yang sudah kamu lakukan untuk kondisi finansial tersebut.

Mulai Berinvestasi

Menabung adalah hal yang sangat baik dilakukan tetapi kadang nilai imbal baliknya tidak terlalu tinggi. Jika kamu menginginkan nilai tinggi untuk uang simpanan kamu, sebaiknya kamu mulai menggunakan produk investasi.

Kamu bisa menggunakan reksadana atau bahkan mulai membeli saham. Untuk memulainya sekarnag tidak terlalu sulit bahkan bisa dilakukan secara online.

Nah, sudah siap untuk melakukan strategi-strategi yang sudah dibahas tadi?

Baca Juga : Situs Belajar Online Terbaik Untuk Para Fresh Gradute

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.