Ingin Jadi Social Media Specialist? Miliki Skill Berikut Ini!

lowongan social media

Sepuluh tahun yang lalu profesi sosial media specialist mungkin belum terlalu banyak yang tertarik. Tetapi hari ini, profesi tersebut cukup banyak dibutuhkan oleh industri digital di Indonesia.

Kalau kamu memiliki minat yang sangat tinggi untuk bekerja sebagai Social Media Specialist, ada beberapa skill yang wajib kamu miliki. Apa saja skillnya?

Storytelling

Seorang social media specialist sebaiknya memiliki kemampuan storytelling atau bercerita yang baik. Kenapa? Karena pada dasarnya setiap post yang akan dibuat harus memiliki nilai untuk pengikut.

Kemanpuan ini tentunya bisa diasah dengan cara membaca lebih banyak referensi gaya bahasa atau tulisan. Bandingkan setiap cerita untuk setiap produk atau industri yang ada. Sehingga kita bisa mengetahui gaya seperti apa yang disukai oleh audiences industri tersebut.

Copywriting

Tingkat konsentrasi seseorang saat membaca post sosial media sangatlah singkat. Kamu harus bisa menarik perhatian mereka hanya dalam waktu kurang dari 5 detik saja!

Mempelajari copywriting memang tidak mudah, tetapi untungnya saat ini sudah banyak lembaga pelatihan yang bisa kamu coba untuk mempelajari skill yang satu ini.

Analisa Data

Jika kalian mengira menjadi sosial media specialist tidak berurusan dengan data, maka kalian salah. Karena dalam menentukan strategi konten apa yang akan diangkat, kamu harus menggunakan data.

Dalam social media, ada berbagai data yang biasanya digunakan seperti impression, engagement, unique views dan sebagainya. Tapi tidak perlu khawatir karena angka-angka ini bisa dipelajari dengan mudah kok.

Design Grafis

Selain berkutat dengan tulisan, seorang social media specialist terkadang juga harus berkutat dengan design. Kemampuan kamu melihat grafis diperlukan untunk membuat feeds atau post yang kamu buat terlihat ciamik.

Selain itu tidak ada salahnya juga untuk mulai belajar menggunakan software desain yang digunakan. Hal ini hanya untuk preventif saja, jika ada yang harus direvisi dan desainer grafis kantor kalian tidak masuk.

 Nah, jika kalian sudah memiliki sedikit keahlian-keahlian diatas, tidak ada salahnya untuk melamar ke lowongan social media di halaman karir.com.

One thought on “Ingin Jadi Social Media Specialist? Miliki Skill Berikut Ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.