Ingin Jadi Investor Di Usia Muda, Ini 3 Tipsnya

menjadi investor di usia muda

Perubahan jaman telah mempermudah kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah kegiatan investasi yang biasanya hanya dilakukan oleh kalangan tertentu.

Dengan munculnya berbagai macam aplikasi fintech invetasi membuat kita semakin mudah menjadi investor di usia muda.Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi investor di usia muda, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan.

Pelajari Produk Investasi

Saat ini ada berbagai macam pilihan produk invetasi dengan berbagai skema yang kita pilih. Produk-produk tersebut tentunya menjanjikan berbagai macam keuntungan yang sangat tinggi.

Tapi jangan sampai terkecoh ya! Dalam dunia investasi, semakin besar return yang ditawarkan, risiko yang dimiliki akan lebih besar. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk memilih produk investasi sebaiknya kamu mempelajari setiap produk dengan seksama.

Mungkin kamu akan membutuhkan sedikit bantuan di bagian ini. Tapi tidak perlu khawatir karena biasanya setiap produk sudah memiliki pusat informasi khusus yang bisa dipelajari oleh orang awam atau investor pemula.

Pelajarilah legalitas, keuntungan dan juga kerugian suatu produk investasi secara mendalam. Jika kamu sudah memahami keuntungan dan kerugiannya, maka langkah selanjutnya adalah tinggal memulainya.

Ubah Mindset

Menjadi seorang investor tentunya tidak mudah, terlebih lagi ketika memulainya di usia muda. Selain harus mengerti masalah angka dan keuangan, seorang investor juga harus memiliki mental yang kuat.

Memang wajar di usia muda lebih memilih untuk hidup konsumtif, tetapi hendaknya mindset konsumtif ini tidak terlalu dituruti. Sebagai seorang investor hendaknya kamu lebih memikirkan cara untuk meningkatkan nilai uang yang kamu miliki saat ini.

Jika tidak merubah mindset tentunya akan sulit untuk mencapai target investasi yang kamu inginkan di masa depan. Ya, sesekali masih okelah jika kamu ingin membeli es kopi susu sambil tetap menabung.

Mulai Secepatnya

Investasi merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk masa depan. Artinya kita tidak mungkin menerima imbal balik yang positif dalam waktu dekat.

Untuk investasi jangka pendek pun diperlukan waktu minimal 3 sampai 5 tahun untuk mendapatkan hasil. Oleh karena itu sebaiknya jika ingin berinvestasi, kamu segera memulainya agar mendapatkan return yang diinginkan lebih cepat.

Tapi ingat untuk mempersiapkan diri kalian secara materi dan juga dasar keilmuan yang baik. Sehingga kalian bisa membuat keputusan yang lebih baik saat mulai melakukan investasi.

Ketiga tips diatas tentunya tidak akan menjadikan kamu ahli dalam berinvestasi secara instant. Butuh waktu belajar dan proses yang tidak mudah, tetapi tidak ada salahnya untuk mulai mencoba berinvestasi dari usia muda. Nah, setuju engga nih career seeker?

Baca Juga :  Alasan Karyawan Tidak Betah di Kantor & Temuan Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.