Tiga Informasi Kecil Yang Sebaiknya Ada Dalam CV

informasi di CV yang harus ada

Saat ini melamar pekerjaan sudah semakin mudah dengan hadirnya berbagai job portal seperti karir.com. Hanya dengan mendaftar sebagai anggota, selanjutnya kamu bisa melamar pekerjaan dengan mudah.

Tetapi ada satu proses yang tidak berubah yaitu mengirimkan CV untuk melamar pekerjaan. Nah, jika kalian sudah memiliki CV, tidak ada salahnya untuk memasukan beberapa informasi ini agar CV kamu terlihat menarik.

Sertifikat Pelatihan

Mengikuti sebuah pelatihan memang tidak langsung membuat kamu langsung mendapatkan pekerjaan. Tetapi hal ini bisa menunjukan sejauh mana kamu mau belajar untuk menguasai sebuah topik atau profesi tertentu. 

Semakin banyak sertifikasi yang kamu ikuti tentunya besar harapan perusahaan bahwa kamu menguasai topik tersebut. Tapi harus diingat ya, tidak semua kegiatan sertifikasi bisa kamu cantumkan di CV.

Pilihlah kegiatan sertifikasi yang memang bisa menunjang karir kamu di suatu bidang tertentu secara langsung.  

Baca Juga : Empat Lowongan Kerja Yang Selalu Dicari Oleh Perusahaan

Referensi Rekan Kerja

Referensi rekan kerja di CV rupanya cukup penting juga untuk dicantumkan. Dengan memberikan referensi rekan kerja, kamu setidaknya telah menunjukan reputasi dan kredibilitas di tempat kerja. 

Sedikit tips bagi fresh graduate yang  belum memiliki pengalaman kerja,  kamu bisa meminta ijin pembimbing sebagai referensi. Selain itu kamu juga menggunakan referensi dari teman lain yang sudah bekerja atau pernah bekerja sama dalam sebuah organisasi.

Organisasi Yang Diikuti

Tidak semua orang senang mengikuti sebuah organisasi, tetapi nyatanya perusahaan sangat senang dengan kandidat yang memiliki pengalaman organisasi. Memang tidak diwajibkan, tapi bila memang kamu aktif dalam sebuah organisasi sebaiknya hal kamu cantumkan dalam CV yang kamu miliki. Berikan informasi mengenai berapa lama kamu aktif dalam organisasi tersebut dan posisi apa saja yang dijabat. 

Tentunya hal ini bukanlah satu-satunya penilaian dalam sebuah rekrutmen, tapi setidaknya bisa membantu CV kamu terlihat menarik. 

Tiga informasi diatas tentunya bisa jadi senjata agar rekruter bisa melihat CV kamu lebih menarik. Nah, buat kamu yang sedang mencari lowongan kerja, jangan sampai lupa untuk selalu update CV terbaru yang kamu miliki ya! 

Baca Juga : Informasi Apa Saja Yang Harus Ada Di Kontrak Kerja? Cek Daftarnya Di Sini!

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.