Ingin Mengambli Sertifikasi Profesi? Cek Dulu 4 Hal Ini Sebelum Daftar!

Ingin Mengambli Sertifikasi Profesi? Cek Dulu 4 Hal Ini Sebelum Daftar!

Memiliki sertifikasi profesi merupakan sebuah cara yang banyak ditempuh oleh pencari kerja untuk meningkatkan nilai jual. Selain itu cara ini juga bisa menunjukan bahwa pencari kerja tersebut memang benar-benar menekuni dan memiliki keahlian di bidang tersebut.

Tapi sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah sertifikasi profesi, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Kredibilitas Penyelenggara Sertfikasi

Mendapatkan sebuah sertifikasi profesional memang tidak mudah dan membutuhkan banyak pengorbanan. Oleh karena itu pastikan kalian memilih lembaga sertifikasi profesi yang sudah diakui oleh Badan Sertifikasi Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Hal ini untuk mencegah sertifikasi yang sudah kamu miliki jadi tidak berlaku lantaran penyelenggaranya tidak memenuhi kualifikasi standar nasional yang ditetapkan.

Pemateri

Materi yang diberikan oleh lembaga sertifikasi biasanya sudah dibuat standar sesuai dengan kebutuhan dari bidang ilmu yang diberikan. Sehingga sangat penting bagi kamu untuk mengetahui siapa saja saja yang akan memberikan materi dalam sertifikasi tersebut.

Tapi tidak perlu khawatir jika kalian sudah mendaftar di lembaga yang sudah bekerja sama dengan BNSP. Karena sudah dipastikan asesor tersebut sudah memenuhi kualifikasi yang ditentukan oleh BNSP.

Biaya Sertifikasi

Biaya sertifikasi biasanya sudah ditentukan sejak awal sebelum melakukan pendaftaran. Biaya sertifikasi ini biasanya sudah mencakup keseluruhan mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya tes yang akan dilakukan.

Sebaiknya sebelum memilih lembaga sertifikasi, cobalah untuk membandingkan harga dari beberapa penyedia jasa sertifikasi. Dengan cara ini kamu bisa mengetahui berapa harga yang sesuai untuk sertifikasi yang kamu incar.

Jadwal Sertifikasi

Sebelum mendaftar pastikan kalian mengikuti jadwal yang sudah ditentukan. Tentunya hal ini diperlukan agar bisa mengatur waktu antara asesmen dengan kegiatan lainnya.

Bila kalian sudah bekerja, tentunya jangan sampai asesmen mengganggu pekerjaan yang sudah ada.

Tentunya dengan memiliki sertfikasi profesi, kita akan lebih terlihat profesional dan ahli di dalam bidang yang kita geluti. Jika masih ragu program apa yang sebaiknya kalian ikuti, kalian bisa browsing terlebih dahulu ke situs BNSP untuk mengetahui berbagai informasi mengenai sertifikasi profesi yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Empat Lowongan Kerja Yang Selalu Dicari Oleh Perusahaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.