Tiga Penyebab Mengapa Interview Kerja Anda Gagal

alasan gagal interview kerja

Interview kerja merupakan sebuah proses akhir dari rekrutmen untuk menentukan apakah kamu lolos atau tidak untuk sebuah lowongan pekerjaan. Tidak sedikit pencari kerja yang terkadang bertanya-tanya mengapa mereka tidak lolos di tahap ini padahal mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh user dan HRD. 

Jika kamu juga memiliki pertanyaan yang sama, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu gagal dalam sebuah interview pekerjaan. 

Budaya Organisasi Tidak Cocok 

Setiap perusahaan memiliki budaya organisasi masing-masing dan pastinya sangat berbeda dengan budaya perusahaan lainnya. Agar kegiatan bisnis dan lingkunga kerja tetap terjaga, terkadang perusahaan memiliki kriteria sikap khusus untuk pelamar yang ingin bergabung dengan perusahaan mereka. 

Memang hal ini bisa dilihat secara ketika melakukan interview dengan HR ataupun User. Jika kamu merasa tidak nyaman saat interview atau lingkungan kantor, bisa jadi kamu tidak dipilih karena alasan yang satu ini. 

Selain itu pastikan juga kalian selalu menjaga sikap saat dan setelah melakukan interview. Sehingga perusahaan tidak memberikan penilaian negatif terhadap perilaku yang kalian tunjukan.

Besaran Gaji Tidak Sesuai

Tidak jarang interview HR dan User dilakukan dalam satu waktu yang sama. Hal ini bisa membuat informasi tidak bisa diinformasikan secara menyeluruh kepada dua pihak tersebut termasuk di dalamnya informasi mengenai gaji yang diinginkan.

Jika kamu sudah merasa nyaman dengan lingkungan dan budayanya, terkadang gaji bisa menjadi sebuah ganjalan mengapa kamu tidak diterima setelah interview. Agar hal ini tidak menjadi sebuah kendala, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum  melamar untuk posisi yang akan kamu lamar. 

Hal ini untuk mencegah gaji yang kamu inginkan terlalu besar atau terlalu kecil untuk posisi tersebut. Sehingga lebih sesuai dengan budget gaji dari perusahaan yang kamu lamar.  

Skill Belum Sesuai

Interview merupakan sebuah cara dari perusahaan untuk mengenal kandidat lebih baik baik secara karakter maupun skill. Selain itu, cara ini dianggap efektif untuk mengetahui apakah informasi dalam CV yang dikirimkan oleh pelamar.

Bila kamu tidak mampu menunjukan kemampuan tersebut saat interview, maka jangan terlalu berharap untuk mendapatkan tawaran kerja setelah interview. Jadi, persiapkanlah dulu mental dan kemampuan kamu sebelum melakukan interview dengan sebuah perusahaan. 

Ketiga faktor tadi biasanya merupakan penyebab umum mengapa kamu tidak lolos dalam sebuah interview. Tentunya ada berbagai faktor dan pertimbangan lainnya dari perusahaan sehingga kamu tidak terpilih. 

Tetapi yang paling penting kalian tetap harus semangat dan tidak menyerah untuk mendapatkan pekerjaan impian kalian. Yuk, jangan lupa untuk mencari informasi lowongan kerja terbaru dan terbaik dari karir.com ya! 

Baca Juga : Pertanyaan Interview Kerja Yang Paling Sering Ditanyakan Perusahaan

 

One thought on “Tiga Penyebab Mengapa Interview Kerja Anda Gagal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.