Cara Menentukan Gaji Pertama Untuk Fresh Graduate Yang Baru Bekerja

gaji pertama fresh graduate

Kesulitan seorang fresh graduate dalam saat pertama kali bekerja adalah dunia kerja adalah menentukan besaran gaji pertama yang sesuai untuk pekerjaan mereka. Umumnya fresh graduate kesulitan menentukan karena takut gaji yang mereka minta terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Tentunya hal ini adalah hal lumrah mengingat fresh graduate masih sangat asing dengan dunia kerja dan juga sistem penggajian. Lalu, bagaimana sebaiknya cara yang benar untuk menetapkan gaji pertama bagi seorang fresh graduate?

Cek Standar Gaji Yang Ada

Sebenarnya informasi mengenai gaji merupakan hal yang sangat rahasia dan tidak boleh diketahui siapapun kecuali pekerja dan HR. Tetapi dengan kemudahan informasi yang ada saat ini kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dengan mudah termasuk gaji pegawai untuk posisi tertentu.

Beberapa situs web bahkan memberikan informasi secara khusus mengenai gaji di perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Situs seperti qerja.com dan glassdoor.com bisa kamu gunakan untuk mengecek  besaran gaji di berbagai posisi yang ada di Indonesia.

Gunakan Job Portal

Selain memberikan informasi lowongan kerja, biasanya job portal juga memberikan informasi range gaji untuk sebuah posisi. Ini tentunya bisa kamu gunakan juga sebagai sebuah sumber informasi untuk menentukan gaji pertama yang ingin kamu miliki.

Cobalah untuk membandingkan dari berbagai perusahaan dengan job portal yang berbeda. Dengan banyaknya sumber informasi, kamu akan semakin mudah dalam menentukan besaran gaji yang kamu harapkan.

Mengkuti Standar UMP & UMK

Cara paling mudah yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan standar gaji UMP & UMK yang ada di tiap provinsi. Dengan menggunakan patokan gaji yang diberikan Pemerintah  sebagai standar, setidaknya kamu bisa mengetahui bahwa gaji yang kamu miliki tidak terlalu kecil atau di bawah rata-rata pasar.

Gaji UMP & UMK tiap provinsi tentunya berbeda satu sama lain. Jadi pastikan kamu mengetahui besaran UMP dan UMK di tempat kamu akan bekerja ya!

Nah, dengan menggunakan tiga cara tadi tentunya kamu nantinya bisa dengan mudah untuk menentukan gaji yang kamu harapkan. Bagi fresh graduate yang sedang mencari kerja, jangan lupa untuk selalu cek lowongan kerja terbaru dari karir.com!

Baca Juga : Mitos Dunia Kerja Yang Dihadapi Fresh Graduate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.