Ingin Bekerja Di Perusahaan Startup? Pertimbangkan Empat Hal Ini Dulu

Ingin Bekerja Di Perusahaan Startup? Pertimbangkan Empat Hal Ini Dulu

Bekerja di perusahaan startup sudah menjadi sebuah pilihan karir bagi para fresh graduate saat ini. Terlebih dengan munculnya perusahaan startup dengan kelas unicorn di Indonesia sehingga timbul gengsi yang lebih besar.

Tetapi sebelum bekerja di sebuah perusahaan startup, ada  baiknya kamu menyiapkan sikap dan mental untuk kondisi berikut ini.

Menjadi Workaholic

Sebagai sebuah perusahaan yang sedang berkembang, startup biasanya membutuhkan pekerja yang bisa bekerja secara penuh. Bahkan tidak jarang lembur menjadi sebuah bagian pekerjaan yang tanpa henti.

Hal ini sebenarnya sangat wajar karena perubahan lingkungan di sebuah startup sangatlah dinamis. Tidak jarang pekerja di perusahaan startup harus mengorbankan waktu weekend mereka agar sebuah project bisa selesai dengan waktu yang dibutuhkan.

Tingkat Stres dan Beban Kerja Tinggi

Target proyek yang tinggi dalam waktu yang singkat tentunya bisa menimbulkan tingkat stres yang tinggi para pekerjanya. Tidak jarang target tersebut merupakan permintaan langsung dari manajemen tingkat atas.

Sehingga mau tidak mau proyek tersebut harus berjalan sukses sesuai harapan. Oleh karena itu jika kalian memang berniat untuk bekerja di perusahaan startup pastikan kalian memiliki mental yang kuat.

Jenjang Karir Mentok

Struktur organisasi perusahaan startup umumnya masih sangat terbatas. Sehingga ada kemungkinan jika perusahaan kamu tidak berkembang, maka ada kemungkinan karir kamu bisa mentok.

Tetapi di satu sisi, ada kemungkinan juga kamu bisa mendapatkan jenjang karir yang cepat. Jika performa kamu memang benar-benar sangat baik.

Meningkatkan Skill

Salah satu nilai positif bekerja di perusahaan startup, kamu selalu dituntut untuk belajar. Karena perkembangan industri yang terus berkembang dengan cepat, terkadang perusahaan membutuhkan pegawainya menguasai beberapa bidang sekaligus.

Bila kalian memang senang belajar skill-skill baru, maka bekerja di perusahaan startup merupakan pilihan yang tepat. Tapi jika kalian tidak nyaman, maka sebaiknya jangan mencoba masuk ke dunia yang satu ini.

Tentunya faktor-faktor diatas tadi harus menjadi pertimbangan sebelum melamar ke sebuah perusahaan startup. Tetapi Jika kalian ingin mencoba untuk berkarir di perusahaan startup, tidak ada salahnya untuk melamar melalui karir.com sekarang juga!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.