Jenis Software Digital Yang Wajib Dimiliki Pekerja Milenial Saat Ini

software yang wajib dikuasai fresh graduate

Persaingan dunia kerja di tahun 2020 akan semakin ketat bagi para pencari kerja dan fresh graduate. Untuk menyiasati hal ini tentunya kalian bisa meningkatkan kemampuan di bidang IT kalian agar terlihat menarik di mata rekruter.

Apa saja kemampuan IT yang kira-kira sangat dibutuhkan di tahun 2020 ini? Cek daftarnya di bawah ini.

Data Processing & Spreadsheet

Data processing biasanya digunakan dengan menggunakan software Microsoft Excel, Google Sheets, R, dan masih banyak lagi pilihan software yang bisa kamu pilih.  Menguasai software ini bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri. 

Karena hampir seluruh pekerjaan yang ada saat ini menggunakan aplikasi pengolah data. Sehingga bisa dibilang dengan menguasai software ini sudah setengah menguasai pekerjaan yang akan dilakukan.

Google Suite

Kecanggihan perkembangan teknologi cloud computing tentunya sudah bisa kita nikmati melalui layanan Google Suite. Layanan ini memberikan berbagai jenis layanan cloud untuk berbagai software mulai dari dokumen, data processing, email, slide hingga foto.

Dengan meningkatnya mobilitas pekerja saat ini, menggunakan Google Suites menjadi sebuah solusi agar kita bisa membagikan file dan pekerjaan dengan mudah. Cukup dengan membagikan akses kepada tim, maka hasil pekerjaan sudah bisa diketahui dengan cepat.

Video dan Image Editor

Kebutuhan konten digital yang terus meningkat mengharuskan perusahaan mencari talenta berkualitas yang mampu mengoperasikan kedua jenis software ini. Software Adobe Photoshop dan Premiere menjadi pilihan terbaik dan termudah untuk digunakan.

Selain menggunakan kedua software diatas, kamu juga bisa menggunakan web platform seperti Canva atau Pixlr untuk mengedit foto dan gambar. Dengan menguasai kedua jenis software ini kamu juga bisa memperluas keahlian di berbagai bidang digital seperti Content Strategist, Digital Marketing atau Freelance Graphic Design.

Selain menguasai software, kemampuan kamu dalam mengoperasikan peralatan kamera juga bisa menjadi nilai plus. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai menguasai peralatan dan juga software-software tersebut.

 Digital Paid Advertising

Untuk menggunakan teknologi ini memang membutuhkan pengalaman dan modal yang tidak sedikit. Tetapi dengan menguasai keahlian ini dijamin kamu bakal menjadi kandidat yang banyak dicari perusahaan.

Contoh aplikasi yang banyak digunakan untuk Digital Paid Advertising adalah Google Adwords dan juga Facebook Ads. Kebutuhan talent untuk kedua platform ini bisa dibilang cukup tinggi mengingat pemasaran digital di Indonesia terus berkembang beberapa tahun terakhir ini.

Dengan menguasai keempat jenis software dan platform diatas tentunya akan membuat kamu semakin bernilai di mata rekruter. Semakin banyak skill yang bisa kamu tawarkan maka kesempatan bekerja akan semakin luas.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kamu untuk mulai belajar beberapa software tersebut sambil menunggu lulus kuliah atau mendapatkan pekerjaan. Selain itu jangan lupa untuk terus mengecek ribuan lowongan kerja terbaru dari karir.com ya!

Baca Juga : Situs Belajar Online Untuk Menambah Skill Bagi Fresh Graduate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.