Tips Memulai Investasi Untuk Fresh Graduate

tips investasi untuk fresh graduate

Memiliki penghasilan sendiri tentunya merupakan sebuah kebanggaan sendiri bagi para fresh graduate. Tetapi terkadang penghasilan tersebut hilang begitu saja tanpa bekas sama sekali untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sehingga kita sanga sulit untuk mengalokasikan dana yang kita miliki untuk kegiatan keuangan lainnya seperti menabung atau investasi. Kegiatan keuangan tersebut sebenarnya akan sangat bermanfaat di masa depan nanti. Nah, jika kamu seorang fresh graduate yang ingin berinvestasi tidak ada salahnya untuk mencoba tips berikut ini

Membuat Rencana Investasi

Sebelum melakukan investasi, sebaiknya kamu membuat target atau tujuan dari investasi yang akan kamu lakukan. Tentukan besaran investasi dan berapa lama waktu yang akan kamu gunakan untuk melakukan investasi tersebut.

Pastikan keadaan keuangan yang kamu miliki aman sesuai dengan target investasi yang kamu buat. Selain itu kamu juga harus disiplin untuk melakukan investasi ini sesuai dengan rencana yang kamu buat. Jangan sampai rencana hanya menjadi wacana saja yang tidak kamu realisasikan.

Cari Produk Investasi Yang Sesuai

Setelah membuat rencana investasi, langkah selanjutnya adalah dengan mencari produk yang sesuai dengan rencana investasi yang kamu buat. Setiap produk investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga kamu wajib memahami betul produk-produk tersebut secara detail.

Jangan langsung tergiur dengan nilai imbal jasa yang tinggi karena setiap produk memiliki tingkat risiko yang berbeda. Pastikan gaya hidup dan juga kemampuan kamu masih bisa

Buat Rekening Khusus

Jika kamu adalah tipe orang yang tidak bisa mengatur keuangan dengan disiplin, sebaiknya kamu mulai membuat sebuah rekening khusus untuk menyimpan dana investasi yang kamu miliki. Rekening ini hanya akan kamu gunakan sementara sebelum kamu melakukan pembayaran untuk produk investasi yang akan kamu gunakan.

Jika jumlah saldo sudah mencapai angka pembayaran yang kamu tentukan, kamu tinggal memindahkan dana tersebut. Dengan memiliki rekening terpisah seperti ini kemungkinan terpakainya dana investasi untuk kegiatan lain akan semakin minim.

Disiplin dan Jaga Gaya Hidup

Faktor utama sulitnya untuk melakukan investasi adalah disiplin yang buruk untuk berinvestasi serta gaya hidup berlebihan di kalangan fresh graduate. Dengan bertambahnya penghasilan yang dimiliki, biasanya gaya hidup akan berubah.

Hal ini tentunya sangat wajar, tetapi harus diingat bahwa gaya hidup yang berlebihan bisa berakibat buruk dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu kalian harus melakukan kontrol terhadap gaji atau pendapatan yang kalian miliki setiap bulannya.

Keempat tips tadi tentunya bisa kamu lakukan sekarang juga untuk memulai investasi. Selamat mencoba ya, Career Seekers!

Baca Juga : Ingin Jadi Investor Di Usia Muda, Ini 3 Tipsnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.