Lima Tips Work From Home Agar Lebih Efektif

tips work from home

Merebaknya kasus Covid-19 belakangan ini telah banyak berimbas ke berbagai aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah mulai diterapkannya kebijakan work from home  instansi pemerintah dan perkantoran. Tujuan diterapkannya sistem work from home adalah untuk mengisolasi para pekerja dari penyebaran penyakit ini di lingkungan perkantoran.

Walaupun begitu, work from home tetap memiliki berbagai kesulitan tersendiri. Hal ini disebabkan banyaknya gangguan di rumah sehingga pekerja umumnya sulit untuk fokus bekerja. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Cek beberapa tips berikut ini yang bisa kamu lakukan.

Buat Prioritas Pekerjaan

Susunlah prioritas pekerjaan harian yang biasa kalian lakukan saat berada di kantor. Dengan menentukan prioritas ini, kalian tidak akan bingung untuk menentukan pekerjaan mana dulu yang sebaiknya kalian selesaikan.

Buat tenggat waktu pengerjaan dan pastikan semua selesai sesuai jadwal sehingga besok kalian bisa mulai mengerjakan hal lain.

Tentukan Cara Berkomunikasi

Bekerja dari rumah masing-masing bisa menjadi sebuah hal yang membuat frustasi jika komunikasi antar divisi terganggu. Karena tidak jarang pekerjaan yang kita kerjakan harus menunggu pekerjaan orang lain dan sebaliknya.

Untuk mengatasi hal ini kalian wajib menentukan saluran komunikasi apa yang akan digunakan secara bersama-sama. Apakah dengan menggunakan WA Group, Skype Call, atau telepon personal. Tentunya hal ini sebaiknya juga diatur oleh kantor sehingga seluruh pekerja menggunakan saluran komunikasi yang sama.

Manfaatkan Teknologi

Selain teknologi instant messenger dan juga video call, kalian bisa memanfaatkan cloud computing untuk mempercepat pekerjaan. Dengan menggunakan cloud computing seluruh pekerja bisa mengakses file pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

Tentunya dengan menggunakan teknologi, pekerjaan yang harus dilakukan secara berkelompok bisa diselesaikan tanpa harus banyak tatap muka.

Kondisikan Situasi Rumah

Kondisi kantor dan rumah tentunya sangat berbeda. Rumah dibuat senyaman mungkin untuk beristirahat, sedangkan kantor didesain agar kita fokus bekerja.

Sangat besar kemungkinan fokus kamu untuk bekerja akan teralihkan karena berbagai fasilitas dan kondisi yang ada di rumah. Contohnya dengan kehadiran keluarga dan perangkat hiburan yang ada di dalam rumah.

Oleh karena itu pastikan kondisi di dalam rumah kondusif untuk melakukan pekerjaan. Beri pengertian kepada anggota keluarga bahwa kamu berada di dalam rumah untuk bekerja. Terapkan disiplin diri dan gunakan fasilitas di dalam rumah seperlunya saja atau hanya ketika istirahan.

Keempat tips diatas tentunya bisa kamu lakukan ketika menjalani masa Work From Home yang banyak dilakukan belakangan ini. Punya tips lainnya? Bagikan di kolom komentar kami ya, Career Seekers.

Baca Juga : Tiga Trend Dunia Kerja Di Era Digital

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.