Mau Kerja di Bank? Cari Tahu Dulu Posisi yang Cocok untuk Anda

Bekerja di bank menjadi salah satu impian banyak orang. Pegawai bank selalu tampak keren karena memang tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mereka harus selalu tampil rapi. Selain itu, jenjang karir dan gaji yang ditawarkan untuk posisi tertentu juga menggiurkan.

Ditambah lagi, bekerja di bank tidak perlu latar belakang pendidikan khusus. Kebanyakan lowongan kerja di bank menawarkan tempat untuk lulusan dari berbagai jenis disiplin ilmu. Dengan kemampuan teknis yang bisa dipelajari secara umum dan soft skill yang sesuai, Anda bisa bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di bank.

Jika Anda tertarik untuk bekerja di sektor perbankan, maka cari tahu jenis pekerjaan yang tersedia. Dengan demikian, Anda bisa melamar kerja untuk posisi yang tepat sesuai dengan minat dan keahlian.

Teller

Teller adalah petugas bank yang bekerja di bagian counter. Tugas utamanya melayani nasabah dan calon nasabah yang ingin melakukan berbagai transaksi. Teller bertanggungjawab untuk melakukan serangkaian transaksi, mulai dari menerima simpanan, mencairkan cek, tanda tangan pengesahan kasir untuk satu dokumen transaksi, hingga memberikan jasa perbankan lainnya.

Jika tertarik dengan pekerjaan ini, Anda bisa mencari lowongan teller bank di berbagai kota di Indonesia melalui Karir.com. Sebelum melamar, perhatikan persyaratan teller yang diminta oleh perusahaan. Sebagai pegawai bank yang berhadapan langsung dengan nasabah, maka seorang teller diharapkan memiliki penampilan yang baik, serta kemampuan berkomunikasi yang mumpuni.

Customer Service

Selain teller, karyawan bank yang bertugas di bagian depan adalah customer service. Fungsi utama customer service di bank adalah sebagai resepsionis atau penerima tamu, deskman yang melayani aplikasi yang diajukan nasabah, salesman untuk menjual produk bank,  hingga customer relation yang menjaga hubungan baik antara bank dan nasabah. Dalam hal menerima keluhan nasabah, customer service diharapkan bisa mendengarkan sekaligus mencari solusi dari masalah yang dihadapi nasabah. Dengan demikian, bank akan dinilai bisa memberikan layanan prima pada nasabah.

Mengingat beban tugas yang diembannya, seorang customer service tentu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan pengetahuan mendalam mengenai perbankan. Selain itu, sebagai frontliner, customer service juga diharapkan memiliki penampilan menarik. Dengan dua keunggulan tersebut, seorang fresh graduate atau teller dan customer service yang sudah punya pengalaman kerja selama satu tahun, punya modal besar untuk bisa melamar kerja di bank yang tersedia di Karir.com.

Account Officer

Account officer adalah karyawan bank yang berperan sebagai sales dan marketing. Sebagai orang yang menjalankan fungsi penjualan dan pemasaran, tentu saja account officer bertugas untuk mencari nasabah dan menawarkan  produk bank yang tepat. Setelahnya, account officer juga perlu menganalisa pemberian kredit bagi calon debitur serta memantau kelancaran pembayaran debitur yang ada. Tidak hanya itu, account officer juga bertanggungjawab menjaga hubungan bank dengan nasabah.

Dengan melakoni pekerjaan ini, Anda bisa bertemu dengan beragam nasabah bank. Jadi, Anda bisa memperluas jaringan.

Sales Officer

Di Karir.com, Anda dapat menemukan berbagai lowongan kerja di bagian sales di bank. Judul posisi yang ditawarkan tidak selalu disebut sebagai “sales officer”, tetapi dikaitkan dengan jenis produk perbankan yang akan dijual atau cara menjualnya. Sebagai contoh, mikro kredit sales, sales kartu kredit, sales KPR, hingga telesales.

Tugas seorang sales bank hanya sampai mencari nasabah, dan menawarkan produk kredit yang sesuai. Pekerjaan ini tentunya harus didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik.

Analis Kredit

Analis kredit adalah salah satu pekerjaan pendukung di indutri perbankan. Seorang analis kredit bertanggungjawab dalam pengumpulan dan analisis data keuangan nasabah, mulai dari kebiasaan membayar, tabungan, pendapatan, dan aktivitas pembelian. Setelah data terkumpul, analis akan melakukan evaluasi, lalu menentukan tindakan yang tepat untuk nasabah.

Sebagai contoh, seorang analis kredit mengumpulkan data pemegang kartu kredit. Analis kredit akan melihat bagaimana kebiasaan belanja pemegang kartu kredit, dan kemampuan membayarnya. Jika pengguna kartu kredit pernah atau sering gagal melunasi tagihan, maka analis bisa saja merekomendasikan pengurangan batas pemakaian atau bahkan penutupan kartu.

Staf Administrasi

Secara umum, administrasi diartikan sebagai kegiatan mencatat, mendukung, dan menyimpan berbagai data yang berkaitan dengan perusahaan. Fungsi ini juga dibutuhkan di dunia perbankan. Seorang staf administrasi bank bertugas berbagai kegiatan seperti memasukkan data, rekapitulasi data, dokumentasi, mengelola kas kecil dan kas besar untuk membuat data keuangan, menyusun laporan keuangan, hingga mendukung kegiatan audit.

Anda dapat menemukan lowongan kerja sebagai staf administrasi bank di Karir.com. Jika tertarik melamar pekerjaan ini, Anda harus memahami program komputer seperti Microsoft Office, terutama Microsoft Excel  dan rumus-rumusnya. Ditambah dengan ketelitian, kecekatan, kejujuran, dan kerajinan, maka Anda bisa menjadi kandidat staf administrasi bank yang unggul.

Jika sudah tahu pekerjaan yang tepat, maka segera mencari lowongan kerja di bank yang sesuai untuk Anda. Kunjungi Karir.com, dan Anda akan menemukan ratusan lowongan kerja di industri keuangan dan perbankan terkini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.