Tips Karir

5 Kualitas Karyawan yang Bisa Dapat Promosi Jabatan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tempat kerja yang sukses memiliki tingkat antusiasme dan keterlibatan karyawan yang tinggi. Salah satu pendorong meningkatnya faktor tersebut adalah adanya promosi jabatan. Inilah cara terbaik untuk mengapresiasi karyawan yang telah bekerja keras. 

Apakah bekerja keras saja cukup? Tentu tidak. Lantas, bagaimana kualitas karyawan yang pantas mendapat promosi jabatan? Di bawah ini, Karir.com telah merangkum 5 kualitas yang benar-benar membuktikan kepada atasan bahwa seorang karyawan siap dipromosikan.

Apa Itu Promosi Jabatan?

Berdasarkan Harvard Information for Employees, promosi jabatan adalah ketika seorang karyawan maju ke posisi yang diklasifikasikan pada tingkat gaji yang lebih tinggi, atau dalam keadaan tertentu, pengakuan akan tanggung jawab yang lebih besar secara signifikan dalam tingkat yang sama.

Contoh promosi jabatan, seorang Finance Staff Junior dapat dipromosikan menjadi Finance Senior. Tawaran promosi jabatan dan kenaikan gaji ini berdasarkan evaluasi pengalaman yang relevan, kinerja, ekuitas internal, dan daya saing eksternal. 

Jika suatu posisi tidak terisi dalam waktu satu bulan, ada kemungkinan akan membutuhkan waktu tiga bulan atau lebih untuk menemukan karyawan yang tepat. Sebuah organisasi yang mempromosikan secara internal memiliki kesempatan untuk menghemat waktu dan uang mengisi posisi terbuka dengan karyawan saat ini. Keuntungan lainnya, perusahaan memiliki standar yang baik untuk mengukur kinerja staf. 

Sementara bagi karyawan, promosi internal bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi inti untuk peran atau kelompok pekerjaan tertentu. Mempromosikan dari dalam dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Dapat dikatakan, kerja keras karyawan dapat terbayarkan dengan adanya promosi dalam pekerjaan.

Read :  5 Skill yang Dibutuhkan Untuk Bekerja di Dunia Digital Marketing

Apa yang Harus Dicari Pemimpin saat Mempromosikan Karyawan?

Apa saja kriteria karyawan yang bisa dapat promosi jabatan? Berikut adalah beberapa aspek penting yang akan dipertimbangkan pemimpin ketika berpikir untuk mempromosikan seorang karyawan.

1. Kemampuan untuk Mengambil Inisiatif

Orang-orang yang menunjukkan inisiatif sering kali memenangkan penghargaan dan promosi karena mereka menghasilkan ide-ide yang menarik dan bermanfaat. Inisiatif akan memungkinkan kamu menjadi yang terdepan dalam persaingan. Untuk mendapat promosi jabatan, inisiatif yang baik untuk menghadapi tantangan dan peluang dengan sikap tanpa pamrih.

2. Menunjukkan Komitmen dalam Pekerjaan

Kandidat promosi harus unggul dalam tanggung jawab mereka saat ini, tetapi mereka juga harus melampaui tugas yang diberikan kepada mereka tanpa diminta. Jika kamu ingin mendapat promosi jabatan, tunjukkan komitmen jangka panjang kepada pekerjaan dan organisasi. Ini akan meningkatkan peluang kamu untuk dipromosikan. Pahami strategi, misi, visi, dan nilai perusahaan. Buktikan bahwa kamu tahu tentang perusahaan dan menunjukkan komitmen kamu untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

3. Percaya Diri dan Rendah Hati

Mengutip Forbes, pakar Personal Branding, William Arruda mengatakan kepercayaan diri itu penting karena itu adalah atribut merek pribadi yang paling menarik. Orang yang percaya diri selalu menggunakan keterampilan yang dimilikinya untuk membantu orang lain untuk berkembang juga. Melakukan hal ini menunjukkan kamu memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang percaya diri dan rendah hati.

4. Mendengarkan dan Memberikan Feedback

Kebanyakan orang takut akan ulasan kinerja, dan banyak yang tersinggung bahkan dengan kritik yang membangun. Meminta umpan balik (feedback) menunjukkan kepada atasan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk menangani tugas yang kompleks. Dengarkan setiap feedback yang disampaikan manajer kamu, dan aplikasikan dengan baik. Bila diperlukan sampaikan juga feedback atau kritik kepada atasan yang membantu pertumbuhan perusahaan. Lakukan secara berkala hingga atasan kamu menyadari bahwa kamu siap untuk peran yang lebih besar.

Read :  Apa Itu Minutes of Meeting? Simak Panduan Menulisnya!

5. Mencari Kesempatan untuk Belajar

Kamu mungkin sudah memenuhi kualifikasi minimum untuk peran saat ini. Namun promosi jabatan menginginkan sesuatu yang lebih. Untuk mempersiapkan dirimu dalam promosi jabatan, tentukan apa yang ingin kamu tawarkan yang menambah nilai bagi perusahaan. Luangkan waktu untuk mempelajari setiap hal baru untuk melampaui apa yang dibutuhkan perusahaan.

Mempromosikan karyawan dengan kualitas yang ideal bukanlah tugas yang mudah. Jadi, jangan terburu-buru. Jika kantor kamu tidak mungkin menawarkan promosi jabatan, inilah saat yang tepat untuk melamar pekerjaan baru. Kunjungi Karir.com dan dapatkan lowongan kerja terbaru.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.