Tips Karir

6 Manfaat Jalan Kaki Untuk Produktivitas Kerja

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak hal kecil yang ternyata bisa menjadi faktor untuk meningkatkan produktivitas, salah satunya adalah dengan jalan kaki. Sedikit yang mengira manfaat jalan kaki bisa meningkatkan produktivitas, sehingga sedikit orang yang melakukannya di tengah kebosanan saat di kantor. Padahal kamu bisa manfaatkan berjalan kaki di sela-sela waktu bekerjamu.

Secara ilmiah jalan kaki bermanfaat, dari meningkatkan mood hingga menjaga kesehatan mental supaya tetap berpikir positif. Apalagi untuk orang yang bekerja di kantor yang sistem kerjanya monoton dan terus berulang. Lalu apa saja manfaat jalan kaki sehingga bisa meningkatkan produktivitas.

1. Manfaat Jalan Kaki Merangsang Mood Positif

Manfaat jalan kaki secara ilmiah bisa meningkatkan mood. Ketika sudah bosan bekerja kamu bisa meluangkan waktu sebentar untuk berjalan kaki di sekitaran kantor atau tempat kerjamu. Tapi jangan terlalu lelah juga ketika berjalan kaki, kamu bisa mengambil waktu sekitar 10 menit untuk mengembalikan moodmu untuk bekerja.

Ketika mood sudah kembali setelah berjalan kaki, kamu bisa memulai untuk bekerja lagi dan merasakan akan lebih produktif ketika bekerja.

2. Menumbuhkan Kreativitas

Siapa yang mengira manfaat jalan kaki lainnya adalah dapat meningkatkan kreativitas? Ya benar, jalan kaki mempunyai manfaat meningkatkan kreativitas karena ketika berjalan otak kita akan terstimulus untuk bekerja dan memikiran hal-hal yang acak dan kadang itu bisa memunculkan kreativitas.

Ketika kamu butuh ide untuk memecahkan masalah, oleh karena itu berjalan kaki adalah solusi yang tepat.

3. Menjaga Daya Ingat

Meningkatkan daya ingat Kamu: Jalan kaki dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif Kamu, yang dapat membantu Kamu tetap fokus dan menyimpan informasi dengan lebih efektif.

Read :  Tantangan Terberat Kerja di Jakarta

Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mengikatkan produktivitas kerjamu.

4. Meningkatkan Energi

Meningkatkan tingkat energi: Jalan kaki dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke otak, yang dapat membantu Kamu merasa lebih waspada dan energik. Sehingga dengan energi yang lebih, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk bekerja dengan lebih lama dan tidak mudah lelah ketika bekerja.

Tentu hal ini tidak serta-merta dapat meningkatkan level energi yang kamu miliki. Kamu harus melakukannya secara rutin untuk menjaga ritme tubuh sampai tubuhmu terbiasa untuk menghabiskan tenaga di level yang sama.

5. Mengurangi Kebiasaan Kurang Gerak

Mengurangi perilaku kurang gerak: Menghabiskan waktu lama dengan duduk dapat merusak kesehatan dan produktivitas kamu. Dengan berjalan kaki, kamu yang biasanya bekerja dengan duduk lama dikursi akan membiasakan tubuh kamu untuk bergerak dan terhindar dari rasa pegal-pegal.

Beristirahat secara teratur dapat membantu mengurangi efek negatif dari perilaku kurang gerak. Setidaknya kamu bisa meluangkan waktu 10 menit untuk istirahat dan berjalan kaki setiap dua jam kamu bekerja supaya tubuh kamu terasa lebih baik.

6. Manfaat Jalan Kaki: Menjaga Kesehatan Mental

Terlalu banyak duduk dan melakukan sesuatu yang monoton bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu baik fisik maupun mental. Secara mental, bekerja terus menerus akan membuat kamu stress dan mudah lelah saat bekerja. Hal ini akan berdampak pada produktivitas kamu.

Jalan kaki dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi perasaan cemas dan depresi, yang dapat mengganggu dan menghambat produktivitas.

Political science graduate with expertise in content writing and SEO; an aspiring digital/content marketer striving to create and share meaningful works.