Tips Karir

7 Pekerjaan Sampingan atau Side Hustle untuk Tingkatkan Pendapatanmu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Memiliki pekerjaan tetap yang menjadi sumber utama pendapatan adalah suatu hal yang perlu disyukuri. Sayangnya, dalam masa-masa penuh ketidakpastian ini, Kamu juga harus memikirkan rencana cadangan apabila sewaktu-waktu pekerjaan tetap yang saat ini dijalani tidak mampu menopang kebutuhan hidup. Salah satu rencana cadangan yang bisa menjadi pertimbangan adalah dengan memiliki pekerjaan sampingan, atau side hustle. 

Saat ini, ada banyak cara untuk mendapatkan side job/side hustle sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, tanpa memandang umur. Temukan rekomendasi side job/side hustle yang menghasilkan pendapatan tambahan, selengkapnya dalam artikel ini. 

1. Mau kerja sambil belanja? Buka jastip aja!

Side job yang satu ini cocok banget untuk individu yang punya hobi berwisata dan berbelanja karena umumnya jasa titip (jastip) menyasar konsumen dengan domisili yang jauh dari tempat suatu produk dijual. Misal, suatu hari Kamu memiliki agenda untuk pergi ke luar negeri dan memutuskan untuk berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan yang barang-barangnya tidak diekspor ke Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Kamu punya peluang untuk membuka jastip bagi kawan-kawan di Indonesia yang menginginkan barang dari pusat perbelanjaan tersebut. Agar tidak rugi, Kamu perlu membuat sistem pre order untuk jastip dengan cara mengumumkan lokasi berbelanja, daftar barang yang akan dijual, dan harga barang beserta biaya jastip yang ditentukan.

Selain dengan membuka jastip untuk pembelanjaan di luar negeri, Kamu juga bisa membuka jastip bagi siapapun yang kewalahan untuk belanja bulanan karena kesibukan yang dimilikinya.

Read :  Tips Mudah Menabung Saat Gajian

2. Mudah bikin pendapatan bertambah dengan jadi penerjemah

Penerjemahan atau alih bahasa, adalah rekomendasi pekerjaan sampingan yang cocok bagi Kamu yang bisa menguasai 2 bahasa atau lebih. Saat ini banyak website yang memasukkan penerjemahan sebagai salah satu lowongan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan dari rumah.

Umumnya, lowongan tersebut terbuka bagi penerjemah bersertifikasi dan non-sertifikasi.

Penerjemah bersertifikasi umumnya akan mengerjakan berbagai naskah yang berupa dokumen legal, tentunya upah yang didapatkan terbilang cukup tinggi.

Lain halnya dengan penerjemah non sertifikasi yang lebih terbuka untuk mengerjakan naskah non dokumen legal dengan upah yang tidak setinggi penerjemah bersertifikasi.

Meskipun ada perbedaan upah namun secara umum pekerjaan ini menghasilkan upah yang tinggi bagi pekerjanya.

3. Jadi agen asuransi yang selalu siap sedia punya solusi

Asuransi adalah salah satu bentuk proteksi yang dimiliki oleh seorang individu maupun komunitas yang berbentuk keluarga maupun korporasi, atas hal-hal tak terduga yang berakibat rugi, seperti kematian, kecelakaan, dan penyakit kritis.

Banyaknya pasal yang diuraikan dalam sebuah polis asuransi seringkali membuat penggunanya tidak sepenuhnya memahami resiko apa saja yang ditanggung penuh, sebagian, dan bahkan tidak ditanggung sama sekali oleh sebuah polis asuransi yang dibeli.

Sebagai seorang agen asuransi yang baik, Kamu berkewajiban untuk memahami polis asuransi sepenuhnya agar bisa menjelaskan berbagai jenis risiko yang diuraikan di dalamnya. 

Dengan menjadi agen asuransi yang selalu siap sedia punya solusi, Kamu berkesempatan untuk direferensikan sebagai agen asuransi ke jaringan yang dimiliki oleh klienmu. Selain itu, pekerjaan sampingan yang satu ini tidak menuntut pekerjanya untuk bekerja secara full time dan menyediakan reward yang menarik bagi agen yang berhasil memenuhi target penjualan.

4. Buka jasa sebagai konsultan SEO untuk optimasi website

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah indikator penentu kesuksesan sebuah website untuk meraih banyak aktivitas dan pengunjung di dalamnya. Untuk itu, jika Kamu memiliki ilmu tentang penggunaan SEO dalam suatu web maupun blog, jangan ragu untuk tingkatkan pendapatan dengan menjadi pekerja lepas sebagai konsultan SEO.

Read :  Waspadai Tawaran Kerja Seperti Ini!

Sebagai seorang konsultan SEO, Kamu akan bertugas untuk memberikan masukan ke klien tentang teknik penulisan heading dalam website maupun artikel dalam blog dengan menyertakan daftar kata kunci yang relevan agar bisa menjadi hasil pencarian teratas dalam Google. 

5. Jadikan hobi menulis artikel sebagai pilihan side hustle

Content writer, atau penulis artikel adalah side hustle yang wajib dicoba bagi Kamu yang hobi membaca dan bisa menuangkan sebuah ide dalam tulisan yang runtut untuk dibaca. Saat ini, banyak pelaku bisnis digital yang membutuhkan artikel untuk diunggah ke dalam website bisnis yang dijalankan.

Artikel yang ditulis secara runtut dan menyertakan berbagai kata kunci yang relevan di dalamnya, akan meningkatkan keberhasilan suatu website untuk menempati posisi teratas di Google. Saat ini, upah rata-rata penulis artikel adalah sebesar Rp 50.000,- untuk 500 kata.

6. Buat aktivitas belajar jadi menyenangkan dengan bekerja sebagai tutor online

Selama pandemi, banyak orang tua yang cukup prihatin dengan progress belajar anaknya yang terhalang akibat pembelajaran dari rumah. Untuk membantu proses pembelajaran yang terhalang selama pandemi, Kamu bisa mencoba kesempatan menjadi tutor online.

Kamu bisa memilih untuk mengajarkan semua mata pelajaran untuk tingkat pendidikan tertentu, atau fokus di satu mata pelajaran untuk semua tingkat pendidikan. Tutor online bisa Kamu lakukan melalui Zoom maupun Google Meet secara online dan memanfaatkan fitur share screen di dalamnya.

7. Kerja jadi dropshipper, bisa dagang tanpa repot nyetok barang

Dropship adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menjualkan barang dagangan milik orang lain tanpa harus memiliki stok sendiri. Untuk menjadi seorang dropshipper, Kamu perlu menjalin kerjasama dengan supplier untuk mendapatkan stok barang.

Untuk melakukan penjualan pertama, Kamu bisa membuka sistem pre order dengan menampilkan barang-barang dari supplier yang menarik bagi konsumenmu. Lalu, tetapkan tanggal penutupan pre order agar Kamu tidak kewalahan mencatat pesanan yang masuk. Setelahnya, Kamu bisa melakukan pemesanan ke supplier agar barang pesananmu bisa dikirim secara tepat waktu.

Itulah berbagai rekomendasi pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan.

Manakah pekerjaan yang akan Kamu pilih? 

Artikel ini diterbitkan atas kerjasama antara Karir.com dan Kredit Pintar.

Karir.com was founded in 1999 as a pioneer of Career Portal in Indonesia. Since December 2014 is part of the Emtek Group, an integrated group of companies with main business divisions: Media, Telecommunications & IT Solutions, and Connectivity. Some of Emtek's Online Media portfolios: Liputan6.com, lakupon.com, vidio.com, and now Karir.com – provides services for companies to hire the best talent through online job ads.