Menghadapi proses interview adalah hal yang cukup menegangkan bagi sebagian orang. Interview merupakan hal penting dalam proses penerimaan karyawan baru, sehingga interview harus dipersiapkan dengan baik dan benar. Karena, dalam proses interview HRD atau User dapat menilai seberapa pantaskah kalian untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Bagi kalian fresh graduate yang belum memiliki pengalaman interview, simak beberapa hal di bawah ini yang perlu kalian persiapkan sebagai tips interview!

Datang Lebih Awal

Ketika kalian mendapatkan panggilan interview usahakan untuk tidak terlambat dan datang 15 menit sebelum waktu yang sudah ditentukan. Jangan sampai interviewers datang terlebih terlebih dahulu dan menunggu kalian. Jika hal tersebut sampai terjadi, kalian akan mendapatkan kesan yang buruk dan menjadi bahan pertimbangan untuk menerima kalian. Pihak perusahaan bisa berpikir kalian tidak disiplin, sementara kedisiplinan merupakan hal yang cukup penting dalam dunia kerja.

Menunjukan Sikap yang Sopan 

Saat kalian sudah memasuki ruangan interview, jangan lupa memberikan salam disertai dengan senyuman. Contohnya “Selamat pagi Bapak/Ibu terima kasih atas undangan interviewnya”. Berikutnya jangan duduk sebelum dipersilahkan, hal ini cukup sepele namun menjadi salah satu bentuk sopan santun. Setelah proses interview selesai, kalian jangan langsung meninggalkan ruangan. Ucapkan terima kasih kepada para interviewers, contohnya “Terima kasih Bapak/Ibu atas waktunya”. Sikap yang sopan tentunya akan menjadi nilai plus di mata interviewers.

Melakukan Riset terkait Pekerjaan dan Perusahan yang Dilamar

Interviewers biasanya akan bertanya “Apa yang kamu ketahui tentang pekerjaan atau perusahaan ini?”. Oleh sebab itu, kalian harus mempersiapkan jawaban atas pertanyaan tersebut. Jangan sampai kalian datang untuk interview tanpa mengetahui pekerjaan atau perusahaan tempat kalian melamar. Kalian dapat memulai dengan mencari tahu tentang dunia pekerjaan yang kalian lamar, seperti apa tugas dan tanggung jawabnya serta istilah – istilah terkait pekerjaan tersebut.

Read :  Cara Mengatur Keuangan Untuk Fresh Graduate

Selain itu, kalian juga perlu mengetahui seluk beluk perusahaan, contohnya apa bidang yang perusahaan itu geluti. Kemudian kalian dapat menggali lebih dalam lagi tentang perusahaan tersebut, seperti apa produk yang dihasilkan, bagaimana perusahaan melakukan promosi, sampai sudah berapa lama perusahaan itu berdiri. Kalian dapat mengetahui hal – hal tersebut dari media sosial atau website perusahaan. Jika kalian melakukan riset yang mendalam, akan menunjukan ketertarikan serta keseriusan kalian untuk diterima oleh perusahaan tersebut.

Menjawab Pertanyaan dengan Singkat dan Jelas

Penting untuk kalian ketahui bahwa interviewers sebelumnya sudah membaca CV atau resume kalian. Namun dalam proses interview mereka ingin mengetahui kalian lebih jauh serta menilai bagaimana cara berkomunikasi kalian. Dengan demikian, kalian dapat menjawab pertanyaan yang diberikan secara singkat dan jelas. Artinya jawablah sesuai dengan yang tertera di CV atau resume kalian, jangan dilebihkan atau dikurangi. Berikanlah jawaban yang tidak bertele – tele dan langsung sesuai pada intinya. Gunakan bahasa yang jelas tetapi mudah dipahami. Tetaplah perhatikan tutur kata jangan sampai menggunakan bahasa sehari – hari yang kurang sopan.

Menatap Mata Lawan Bicara

Agar terciptanya proses interview yang efektif, kalian harus menunjukan sikap yang baik. Salah satunya adalah menatap mata lawan bicara. Tujuannya adalah interviewers akan merasa dihargai jika kalian menjawab pertanyaan sambil menatap matanya. Jangan sampai kalian berbicara sambil melihat sekeliling atau menunduk, ini akan menunjukan sikap yang tidak profesional. 

Mengajukan Pertanyaan

Sebelum mengakhiri proses interview, biasanya interviewers akan bertanya kepada kalian “Apakah ada pertanyaan yang ingin ditanyakan”. Usahakan kalian mengajukan pertanyaan jangan hanya diam saja. Salah satu contoh pertanyaan yang dapat kalian berikan adalah “Setelah saya berhasil melewati proses interview, apa langkah selanjutnya? Apakah ada interview kedua atau psikotes?”. Pertanyaan ini dapat menunjukan bahwa kalian sungguh – sungguh tertarik dengan pekerjaan ini.

Read :  Tanda HRD Tertarik Sama Interview Kamu

Menggunakan Pakaian yang Sopan

Proses interview adalah bentuk kegiatan formal, sehingga kalian perlu menggunakan pakaian yang juga formal serta sopan. Untuk pria dapat menggunakan kemeja dan celana bahan, sementara wanita mengenakan kemeja atau blus serta rok panjang atau celana bahan. Pastikan juga pakaian dan celana yang kalian gunakan bersih dan rapi. Menggunakan pakaian yang sopan dan rapi akan menunjukan bahwa kalian menghargai interviewers dan proses interview tersebut.

Beberapa tips di atas tentunya harus dilengkapi dengan latihan, kalian dapat melakukan latihan di depan kaca atau dengan bantuan teman untuk menghasilkan interview yang baik. Jika kalian sudah melakukan persiapan dengan matang jangan gugup dan terapkan 7 tips di atas, maka interview kalian akan berjalan dengan lancar! 

Author

I really enjoy writing and want to share my happiness with you!