Tips Karir

Account Manager: Tugas, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Account Manager adalah salah satu pekerjaan di bidang penjualan. Account Manager disebut juga sebagai akun manajer atau pengelola akun. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan account manager? Cari tahu apa yang dilakukan Account Manager, besaran gaji yang didapatkan, dan apa yang membedakannya dengan sales.

Deskripsi Pekerjaan Account Manager

Account Manager adalah representasi sekaligus perwakilan perusahaan yang terhubung kepada klien. Mereka bertugas menjaga hubungan dengan klien dan memastikan kebutuhan klien terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk memiliki keterampilan komunikasi dan konsultasi, membangun dan mengelola hubungan, serta kemampuan long term thinking. Pekerjaan yang dilakukan Account Manager akan menghasilkan kesepakatan antara perusahaan dan kebutuhan klien. 

Tugas Account Manager

Apa saja tugas account manager? Rincian tugas Account Manager sebagai berikut.

1. Membangun Hubungan dengan Klien

Account Manager membangun hubungan yang profesional dengan klien. Secara teratur mereka akan berkomunikasi dengan klien untuk memenuhi kebutuhan klien. Mereka akan memberi informasi tentang produk atau layanan perusahaan yang mungkin menarik dan sesuai kebutuhan mereka. 

2. Mengumpulkan dan Menganalisis Data

Data yang dikumpulkan dan dianalisis adalah data tentang perilaku klien. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan, minat, dan kekhawatiran pelanggan potensial. Data ini akan digunakan dalam pengembangan rencana pemasaran yang strategis.

3. Mengembangkan Pemasaran Strategis

Tugas Account Manager berikutnya adalah mengembangkan dan melaksanakan rencana pemasaran strategis yang selaras dengan tujuan dan sasaran perusahaan. Mereka bekerja dengan manajemen senior untuk mengembangkan dan menjalankan strategi penjualan yang dirancang untuk meningkatkan pendapatan.

Read :  Aplikasi Ponsel Berbasis Cloud yang Harus Kamu Coba

4. Menjangkau Prospek Bisnis Baru

Account Manager mengelola pelanggan yang sudah ada dan menjangkau prospek bisnis baru. Mereka akan mengidentifikasi berbagai peluang untuk meningkatkan pendapatan atau mempertahankan pelanggan yang ada. Untuk itu, mereka juga bertugas mempersiapkan proposal untuk prospek bisnis baru dan menawarkannya kepada calon klien.

5. Menyelesaikan Masalah Terkait Transaksi Klien

Account Manager bertindak sebagai advokat klien dengan fokus pada peningkatan pengalaman pembeli. Mereka menindaklanjuti setiap klien untuk memastikan kepuasan klien dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Selain itu, mereka juga memfasilitasi dan merujuk masalah klien ke departemen yang sesuai untuk penyelesaian.

Perbedaan Account Manager dan Sales

Account Manager dan Sales memiliki kaitan yang erat karena keduanya berada di bidang sales. Namun apakah account manager sama dengan sales? Tentu tidak. Meski posisi keduanya berada di bawah naungan departemen penjualan, Account Manager dan Sales memiliki perbedaan yang esensial. 

Sales adalah orang yang bertugas menawarkan/menjual produk atau layanan perusahaan kepada calon pelanggan. Saat pelanggan membeli produk/layanan tersebut, pihak yang menangani pelanggan tersebut menjadi tugas Account Manager.

Dari sisi keterampilan, keduanya pun berbeda. Keterampilan Account Manager berfokus pada pembangunan dan pengembangan hubungan dengan klien. Berbeda lagi dengan sales yang fokus keterampilannya pada penawaran produk/layanan kepada pelanggan agar membeli produk/layanan yang dijual.

Gaji Account Manager

Berapa gaji seorang Account Manager? Berdasarkan riset Indeed, Account Manager memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 9,591,705 per bulan. Sedangkan gaji Senior Account Manager rata-rata berkisar Rp 18,716,640 per bulan. 

Sementara itu, menurut Salary Explorer, seseorang yang bekerja sebagai Manajer Akun Utama di Indonesia biasanya menghasilkan sekitar Rp 16.200.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp 7.440.000 (terendah) hingga Rp 25.700.000 (tertinggi).

Read :  6 Cara Mengatur Gaji, Supaya Tidak Bikin Boros!

Jenjang Karir Account Manager

Account Manager termasuk profesi dengan jenjang karir yang bagus. Jenjang karir Account Manager di satu perusahaan dengan perusahaan yang lain dapat berbeda-beda. Mengutip This Is How UK, jenjang karir Account Manager yang bekerja di agensi account management dimulai dari Account Executive dan Senior Account Executive. 

Kemudian, setelah di posisi Account Manager, mereka dapat bergerak ke posisi Senior Account Manager, Account Director, Senior Account Director, dan Client Director/Group Client Director. Adapun secara umum jenjang karir Account Manager terdiri dari Account Manager, Key Account Manager, Regional Sales Manager, dan Director of Sales atau Vice President of Sales.

Tertarik menekuni profesi Account Manager? atau sedang mencari lowongan kerja Account Manager yang lebih baik dari pekerjaan saat ini? Kunjungi situs Karir.com dan dapatkan ribuan lowongan kerja terpercaya yang dapat menarik perhatian kamu!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.