Profesi

Account Officer adalah Petugas Akun Perusahaan, Apa Tugasnya?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Account Officer adalah profesional yang memiliki peran sentral di suatu perusahaan. Posisi Account Officer dapat ditemukan di perusahaan yang bergerak di sektor finansial seperti bank, koperasi, dan leasing. Lantas, apa yang dimaksud dengan Account Officer? Mari ketahui tugas dan tanggung jawab yang dijalani Account Officer, berbagai persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan, serta gaji diperolehnya.

Tugas Account Officer

Apa saja pekerjaan Account Officer (AO)? Account Officer terbagi menjadi lima jenis yaitu AO Micro, AO SME, AO Secured Loan, AO Financial Services, dan AO Kredit. Namun umumnya rincian tugas dan tanggung jawab Account Officer sebagai berikut.

1. Memelihara Catatan Keuangan Perusahaan

Account Officer adalah posisi yang bertanggung jawab untuk memeriksa catatan keuangan perusahaan. Mereka memastikan akurasi dan kepatuhan hukum keuangan secara keseluruhan, serta menyelesaikan akun ke buku besar.

2. Menangani Pajak dan Piutang

Tugas Account Officer berikutnya, menangani pajak dan piutang. Mulai dari menghitung pajak terutang, menyiapkan pengembalian pajak, menyelesaikan berbagai transaksi pajak keuangan, dan menangani pertanyaan akun dari sumber internal dan eksternal.

3. Tinjau Faktur Masuk dan Keluar

Account Officer meninjau faktur masukan dan keluaran dalam setiap transaksi di perusahaan. Faktur sangat penting dalam perpajakan, yaitu sebagai rincian transaksi, bukti pungutan pajak, dan sarana pengkreditan pajak. Di internal perusahaan sendiri, faktur berfungsi sebagai pengendalian akuntansi.

Read :  Head Hunter Adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Outsourcing

4. Menyeimbangkan Anggaran Keuangan 

Fungsi utama Account Officer adalah menyeimbangkan anggaran perusahaan. Mereka akan mengembangkan probabilitas berdasarkan tren pasar dan perusahaan, siapkan laporan pendapatan operasional dan potensial. Jika diperlukan, Account Officer dapat melakukan audit internal atas aktivitas keuangan di perusahaan.

5. Membuat Laporan Keuangan 

Account Officer memastikan laporan keuangan diatur dan dipelihara setiap saat. Semua temuan keuangan akan dilaporkan kepada manajemen dalam bentuk laporan tertulis. Selain itu, mereka juga membuat laporan peraturan untuk auditor internal.

6. Memberi Rekomendasi Keuangan kepada Manajemen

Account Officer adalah pihak yang berwenang untuk memberi rekomendasi kepada manajemen tentang peluang peningkatan dalam anggaran. Mereka berhak memberi tahu manajemen tentang praktik keuangan yang tidak patuh dan inefisiensi. 

Persyaratan dan Kualifikasi

Bagaimana cara menjadi Account Officer? Miliki 5 kualifikasi utama yang dibutuhkan seorang Account Officer berikut!

1. Latar Belakang Pendidikan

Untuk menduduki posisi Account Officer dibutuhkan ijazah sekolah tinggi tingkat sarjana atau magister. Jurusan yang relevan dengan posisi Account Officer adalah ekonomi, manajemen, akuntansi, dan administrasi bisnis.

2. Mahir Perangkat Lunak Basis Data

Account Officer harus mahir mengoperasikan perangkat lunak berbasis data untuk mengatur informasi akun keuangan. Beberapa keterampilan alat yang dibutuhkan antara lain, alat produktivitas (MS Excel dan Microsoft Office Suite), dan perangkat lunak akuntansi (Quickbooks dan Quicken). 

3. Pengetahuan Matematika dan Analitis yang Kuat

Keterampilan matematika yang kuat sangat penting dalam pekerjaan Account Officer. Hampir semua tugas dan tanggung jawab yang dilakukan berhubungan dengan angka. Keterampilan matematika ini juga harus didampingi dengan keterampilan berpikir kritis dan analitis.

4. Terorganisir dan Berorientasi pada Detail

Account Officer melakukan pencatatan dan pemeriksaan keuangan. Tugas ini menuntut mereka menjadi pribadi yang terorganisir dan berorientasi pada detail. Dengan memiliki perhatian yang tinggi pada detail mengurangi atau bahkan menghindari mereka dari kesalahan dan ketidaktepatan akurasi.

Read :  Tugas Marketing Executive dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

5. Kemampuan Kerja Sama Tim yang Solid

Seorang Account Officer harus mampu bekerja dengan baik dalam tim. Pekerjaan mereka akan membawa mereka pada banyak kolaborasi. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk bisa adaptasi dengan cepat saat berkoordinasi dengan anggota tim.

Gaji Account Officer

Berapa gaji account officer? Berdasarkan riset Indeed, rata-rata gaji Account Officer berkisar Rp 5,068,065 per bulan. Dengan nominal tersebut, dalam setahun gaji yang didapat sebesar Rp 71,581,169. 

Nilai senada juga dilaporkan oleh RollThePay. Menurut situs tersebut, kisaran gaji Account Officer maksimum antara Rp 71.760.000,00 sampai dengan Rp 82.524.000,00. Laporan gaji bulanan yang disebutkan tak jauh berbeda, yaitu sebesar Rp 5.739.130,00. Adapun Glassdoor menyebutkan bahwa gaji Account Officer adalah Rp 6,771,399. Ini adalah rata-rata gaji Account Officer di Jakarta.

Cari tahu lowongan kerja Account Officer dengan penawaran menarik hanya di Karir.com. Ada banyak perusahaan yang sedang mencari kandidat kompeten untuk mengisi posisi Account Officer. Daftarkan diri kamu sekarang dan jadilah kandidat terbaik yang terpilih!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.