Salah satu alasan pengembangan diri dalam karir itu penting karena pengembangan diri dinilai sebagai kebutuhan pribadi karyawan dan perusahaan baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Mengapa demikian? Sebab perusahaan selalu berorientasi kepada masa depan. 

Pada sistem perekrutan karyawan dikenal konsep manajemen karir. Manajemen karir adalah proses pemilihan, penilaian, dan pengembangan karyawan agar perusahaan memiliki karyawan kompeten pada masa yang akan datang. Dalam buku Manajemen Karir: Teori, Konsep, dan Praktik, Rahmi Widyanti menjelaskan bahwa proses manajemen karir terdiri dari tiga tahap. Secara berurutan tahapan tersebut adalah career exploration, development of career goal, dan political system

Manajemen karir bagi perusahaan dilakukan sebagai upaya mengelola pergerakan karyawan agar dapat memenuhi target dan tujuan perusahaan. Sedangkan dari sisi karyawan, manajemen karir dilakukan untuk memenuhi sasaran, dan memperoleh pertumbuhan serta stabilitas keuangan yang lebih baik.

Pengembangan diri merupakan bagian dari manajemen karir. Sistem pengembangan diri dimulai dari tingkat individual hingga tingkat organisasi/perusahaan. Pengembangan diri membantu karyawan menyiapkan perubahan yang terjadi di pekerjaan mereka. Karir senantiasa berubah dan membawa dampak bagi karyawan sehingga karyawan tidak bisa hanya mengandalkan pengetahuan yang sudah ada. 

Para karyawan harus melakukan pengembangan diri karena itu penting untuk karirnya. Pengembangan diri didorong oleh motivasi yang kuat untuk mencapai posisi tertentu dalam jalur karirnya. Tanggung jawab dalam mengelola karir dipegang oleh karyawan itu sendiri. Ketika keahlian, kinerja, dan pengalaman pekerja meningkat, posisi seseorang dalam karir dapat bergerak maju. 

Untuk mengupayakan karir yang bergerak ke tingkat berikutnya, banyak orang profesional yang memilih melakukan pengembangan diri sebagai upaya terbaik. Jika kamu ragu, ketahuilah 4 alasan penting yang akan mendorong dirimu pada pengembangan diri.

Read :  Sering susah konsentrasi di kantor? Begini cara mengatasinya!

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Mengikuti kegiatan pengembangan diri adalah cara yang efektif untuk memberitahukan bahwa kamu bersemangat dalam pekerjaan ini. Peningkatan keterampilan akan membantu dalam penyelesaian tugas di tempat kerja. Karyawan yang percaya diri terhadap keterampilan yang dimiliki dan aktif menunjukkan kemampuannya dipandang sebagai aset perusahaan. Perusahaan menyukai karyawan yang kompeten di bidangnya, dan proaktif. Mereka bersungguh-sungguh dengan pekerjaannya, terampil dan lebih menonjol di antara karyawan lainnya.

Menambah Pengetahuan

Hidup adalah tentang belajar, belajar, dan belajar lagi. Dengan mengembangkan diri dengan keterampilan baru, kamu menjadi membaca dan mempelajari hal-hal baru. Pengetahuan kamu akan terus bertambah. Pengembangan diri dipercayai menambah perspektif untuk memecahkan masalah dan mengeksplorasi ide. Kumpulan ide yang inovatif hadir seiring dengan peningkatan pengetahuan. Pengetahuan yang luas akan membekali kamu kepercayaan diri untuk sukses menjalankan ide. 

Mempersiapkan Perubahan

Jangan mudah merasa aman di posisi kamu sekarang. Sebab dunia bisa berubah tanpa perlu kamu perkirakan sebelumnya. Pengembangan diri membantu kamu menghadapi perubahan yang terjadi secara tidak terduga, seperti pandemi Covid-19 ini. Sebagian karyawan kehilangan pekerjaan karena dianggap sudah tidak mumpuni menangani tugas dan tanggung jawabnya. Mereka digantikan dengan orang-orang lainnya yang lebih terampil.

Pengembangan diri memastikan kamu tetap relevan berdasarkan kebutuhan dan permintaan masa sekarang. Dunia bergerak dengan cepat, terutama industri digital. Oleh sebab itu, kamu harus memperbarui dan mengadopsi keterampilan baru yang membuat kamu tetap bernilai bagi perusahaan.

Peluang Karir yang Lebih Baik

Pengembangan diri mengantarkan kamu kepada skils yang up to date. Keterampilan yang meningkat menjadikan kamu sebagai orang yang kompetitif, berdaya jual, dan berdaya saing. Hal ini tentu saja akan membuka kesempatan karir yang lebih baik lagi.

Read :  I Hate Monday? Dengarkan 7 Lagu Ini

Potensi diri berpengaruh besar dengan penghasilan jangka panjang. Kualifikasi keterampilan menjadi patokan gaji yang layak untuk kamu dapatkan. Nilai yang bertambah dalam diri mempermudah kamu meraih promosi, atau kenaikan gaji. Terlebih lagi, jika kamu menginginkan perubahan peran yang mendorong kamu pada tingkat selanjutnya.

Nah, itulah 4 alasan mengapa pengembangan diri penting dilakukan. Isi waktu kamu untuk menjadikan dirimu versi terbaik yang bisa dimiliki. Meluangkan waktu pada kegiatan yang membantu kamu dalam pengembangan diri tak pernah sia-sia. Pengetahuan dan keterampilan baru yang didapat akan sangat berguna suatu hari nanti.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.