Di Indonesia masih cukup banyak perusahaan yang kurang memprioritaskan pengembangan diri karyawan, hal tersebut juga menjadi salah satu alasan yang membuat karyawan banyak yang resign. Perusahaan mungkin belum menyadari bahwa pengembangan diri karyawan di perusahaannya dapat memberikan dampak yang positif.

Dengan adanya pengembangan karir dapat memberikan dan menunjang kredibilitas perusahaan, perkembangan perusahaan, produktivitas karyawan, dan banyak hal lagi. Program pengembangan diri ini juga menjadi tantangan bagi HR dalam merealisasikannya, karena akan banyak pertimbangan dari pihak perusahaan. Namun, tidak ada salahnya mengetahui dampak dari memiliki program seperti ini. Berikut ini alasan kenapa perusahaan harus memiliki Program Pengembangan Karir:

  1. Pemahaman Terhadap Diri Karyawan

Ada banyak jenis pelatihan dalam program pengembangan karir, beberapa diantaranya dapat membuat karyawan memahami atau menemukan kemampuan yang sebenarnya mereka kuasai. Karena hasil dari program tersebut karyawan dapat memahami dirinya sendiri. Biasanya kita sebut dengan passion.

Dengan mereka menemukan passionnya, karyawan dapat bekerja lebih produktif, kreatif dan memberikan inovasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Mereka dapat memberikan hasil yang lebih berkualitas dikarenakan mereka bekerja dengan dorongan passion, bukan karena paksaan.

  1. Pengambilan Keputusan Karir

Program pengembangan karir juga mampu memberikan pemahaman kepada karyawan dan juga manager untuk menentukan karir mereka di masa mendatang. Setelah mengikuti program mereka dapat menilai kemampuan dan kompetensi mereka untuk mengetahui tujuan dan aspirasi karir mereka kedepannya.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Karyawan

Salah satu program pengembangan diri seperti coaching, dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka terhadap kemampuan dan diri mereka untuk dapat bersaing di dunia kerja secara sehat dan profesional. Sehingga dapat menciptakan perusahaan yang sehat.

  1. Partisipasi Karyawan

Dengan ada program pengembangan diri karyawan yang tepat, dapat meningkatkan partisipasi karyawan yang nantinya mereka akan ditempatkan pada posisi yang sesuai. Kemudian, loyalitas karyawan juga dapat meningkat karena rasa kontribusi dan keterlibatan mereka dengan perusahaan. Sehingga dapat mengurangi turnover.

  1. Meningkatkan Keterampilan Karyawan

Dengan berjalannya program pengembangan karir karyawan, manager dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki oleh tim atau karyawannya dengan penempatan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Membuat karyawan dapat bekerja dengan lebih produktif.

  1. Kesejahteraan

Memberikan pelatihan kepada karyawan juga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dalam hal profesionalitas, selain mendapatkan apresiasi, mereka juga menerima pelatihan, sertifikat, hingga bahkan beasiswa yang akan membuat karyawan menjadi sangat loyal kepada perusahaan. Pada akhirnya, perusahaan dapat menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan berintegritas.

Pelaksanaan program pengembangan diri ini juga biasanya juga dapat diikuti atau disediakan untuk level manager keatas, karena juga dapat mengembangkan kemampuan manajer dalam banyak aspek lebih baik lagi. Dengan manajemen yang dapat memberikan apresiasi kepada karyawannya tentu mampu meningkatkan produktivitas dan berjalannya perusahaan lebih baik lagi. Tidak hanya dari sisi perorangan, juga dari sisi kerjasama tim yang dapat terjalin lebih baik lagi, sehingga dapat meminimalisir bentrokan atau masalah yang tidak perlu.

Jadi, dengan adanya program pengembangan diri karyawan sangat memberikan dampak yang positif pada kedua belah pihak, karyawan dan perusahaan. Investasi kepada karyawan terbaik adalah salah satu hal penting yang harus menjadi perhatian dan pertimbangan perusahaan. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak lembaga yang menyediakan program pengembangan diri, sebelum menjalankan program pengembangan diri, HR dapat mengikuti seminar-seminar dan informasi lebih jauh, sehingga ketika memutuskan untuk menjalankan program tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil sesuai ekspetasi.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment