Profesi

Android Developer: 6 Tugas Utama dan Nominal Gajinya di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pangsa pasar android yang besar memberi bisnis basis pengguna yang besar untuk ditargetkan melalui aplikasi android. Dengan kata lain, pengembangan perangkat seluler (mobile) adalah salah satu prioritas perusahaan saat ini. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempekerjakan Android Developer dalam pembuatan aplikasi android yang responsif. 

Seiring booming-nya pengembangan aplikasi android, permintaan atas pengembang android sangat tinggi. Hal ini memungkinkan bisnis dapat terhubung ke seluruh dunia dan meraih pendapatan yang menguntungkan. 

Secara umum mereka memiliki beberapa tanggung jawab yang berkaitan dengan pengembangan sistem android sebuah aplikasi. Apa saja pekerjaan Android Developer? Apa yang harus dipelajari untuk menjadi Android Developer?

Peran dan Tugas Android Developer

1. Merancang dan Membangun Aplikasi untuk Platform Android

Tugas utama Android Developer adalah mengkonseptualisasikan dan merumuskan fitur aplikasi yang cocok di semua jenis perangkat android. Selama dalam fase pengembangan mereka akan memantau siklus hidup teknis aplikasi. Untuk membangun aplikasi android, mereka membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang bahasa pemrograman dan desain. Bahasa pemrograman yang harus dikuasai seperti C, C++, Java, dan JavaScript.

2. Memastikan Presentasi Aplikasi Sesuai dengan Standar Perusahaan

Seorang pengembang android juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang UI Design. Mereka memfokuskan bahwa aplikasi android yang dibuat harus dapat diakses oleh semua orang, interaktif dan menarik. Di samping itu, mereka juga memastikan bahwa konstruksi dan presentasi aplikasi yang dirancang sesuai dengan standar perusahaan.

Read :  Kenali Tugas dan Skill Profesi Budget dan Reporting Specialist

3. Memelihara dan Meningkatkan Kinerja Aplikasi

Android Developer bertanggung jawab untuk memastikan kinerja, kualitas, dan daya tanggap aplikasi yang sebaik mungkin. Mereka melakukan tinjauan kualitas kode dan berkoordinasi dengan tim operasional untuk pemecahan masalah bug atau penyelesaian masalah lainnya. Tanggung jawab ini juga memungkinkan mereka membaca ulasan aplikasi dari pengguna untuk mendeteksi area yang perlu ditingkatkan.

4. Perbarui Aplikasi dengan Alat Pengembangan Terbaru

Sebagai pengembang aplikasi android, mereka mengevaluasi aplikasi yang ada, menemukan, dan menerapkan teknologi baru untuk memaksimalkan efisiensi pengembangan. Pembaruan aplikasi ini biasanya terdiri dari perbaikan bug, atau fitur tambahan yang baru dirilis. Pembaruan yang dilakukan juga harus menjaga konsistensi ‘voice’ brand perusahaan dengan sajian yang sempurna.

5. Berkolaborasi dengan Tim Teknis Terkait

Pengembang android berkolaborasi dengan tim lintas fungsi untuk menentukan, mendesain, mengirimkan fitur baru aplikasi android, serta membangun API dan prototipe. Beberapa tim teknis yang bekerja sama dari proses perancangan hingga pemeliharaan adalah IT Project Manager, UI/UX Designer, Software Engineers, Backend, dan termasuk Marketing.

6. Menambahkan Database

Saat ini hampir semua aplikasi android menangani data dalam jumlah besar. Untuk penanganan data yang efektif dan efisien, Android Developer perlu menggunakan database. Pemahaman yang baik tentang database termasuk keterampilan teknis fungsi ini sangat penting dimiliki. Dalam pengembangan android, sinkronisasi data antara penyimpanan lokal dan database jarak jauh penting untuk menggunakan aplikasi saat offline.

Gaji Android Developer

Berapa gaji programmer Android? Berdasarkan situs Indeed, gaji rata-rata untuk android developer adalah Rp 8.044.471 per bulan di Indonesia. Jakarta menjadi kota dengan gaji terbesar, yaitu sebesar Rp 9.755.080 per bulan. Daftar gaji Android Developer di 9 kota terbesar di Indonesia sebagai berikut.

Read :  General Manager adalah Peran Generalis, Simak Deskripsi Perannya!
Nama KotaGaji per Bulan
JakartaRp 9.755.080 
TangerangRp 7.032.288 
SurabayaRp 6.106.594 
BandungRp 6.004.206 
BatamRp 5.799.144 
SemarangRp 4.558.925 
DenpasarRp 4.531.673 
YogyakartaRp 4.527.075 
SidoarjoRp 3.598.480 
Sumber: Indeed

Gaji Android Developer juga ditentukan berdasarkan tingkat keahliannya. Mengutip Salary Explorer, pengembang android yang keahliannya berkisar antara sepuluh hingga lima belas tahun mendapatkan gaji setara dengan Rp 16.400.000 per bulan. Persentase gaji rata-rata Android Developer di Indonesia berdasarkan pengalaman sebagai berikut.

Tingkat Pengalaman (Tahun)Gaji Rata-rata (per Bulan)
0-2Rp 6.840.000
2-5Rp 9.420.000
5-10Rp 13.400.000
10-15Rp 16.400.000
15-20Rp 17.300.000
20+Rp 18.800.000
Sumber: Salary Explorer

Tertarik mengambil peran Android Developer? Temukan lowongan kerja terbarunya di Karir.com. Kami menyediakan loker di berbagai bidang, termasuk IT. Di antaranya: Java Developer, Backend Developer, dan Software Developer.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.