Tips Karir

Apa Itu Metaverse dan Peluang Karir Untuk Jobseeker

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini metaverse sedang hangat menjadi bahan pembicaraan, bahkan sempat menjadi trending di berbagai media sosial. Tapi, apa itu metaverse? Metaverse adalah sebuah konsep tentang masa depan dalam dunia teknologi. Manusia akan berinteraksi dan beraktivitas dengan sesama seperti pergi ke bioskop, konser musik, dan restoran secara virtual. Metaverse mulai dikenal masyarakat ketika CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta Platforms Inc. (Meta).

Jika metaverse semakin berkembang, tidak menutup kemungkinan banyak perusahaan akan melihat sebuah peluang bisnis. Oleh sebab itu, bagi kalian para jobseeker perlu mengetahui pekerjaan – pekerjaan apa saja yang paling dibutuhkan dalam dunia metaverse. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Software Engineer

Dalam dunia metaverse manusia dapat berinteraksi dan bersenang – senang tanpa perlu bertemu secara langsung. Untuk mempermudah interaksi tersebut diperlukan alat Augmented Reality (AR). Sehingga diperlukan seorang Software Engineer untuk melakukan riset, mendesain, mengembangkan dan memelihara software yang tersedia. 

Metaverse Cyber Security

Metaverse adalah dunia dengan kecanggihan teknologi yang rawan terkena serangan cyber atau penipuan. Metaverse Cyber Security diperlukan untuk mengantisipasi serangan tersebut. Contoh serangannya adalah upaya pencurian data dan jika hal itu terjadi pekerjaan inilah yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. 

Metaverse Planner

Pekerjaan ini memiliki tugas utama untuk merencanakan strategi dan mengimplementasikannya ke dalam dunia virtual. Metaverse Planner harus memiliki pemikiran yang kritis untuk menentukan hal – hal yang tepat dalam dunia metaverse, mengingat dunia digital selalu berkembang dengan pesat.

Metaverse Storyteller

Metaverse Storyteller bertugas menyiapkan kebutuhan bagi pengguna untuk berinteraksi dan bersosialisasi dalam dunia metaverse. Kebutuhan tersebut akan berbentuk skenario dan narasi. Untuk menjadi Metaverse Storyteller tentunya harus memiliki kemampuan menulis yang baik sehingga, skenario dan narasi tersebut akan menjadi lebih menarik.

Read :  Lima Tips Work From Home Agar Lebih Efektif

Metaverse Research Scientist 

Seorang Metaverse Research Scientist diperlukan untuk membangun segala sesuatu di dunia metaverse yang mirip dengan teori segalanya. Hal ini berarti Metaverse Research Scientist harus membuat sesuatu di dunia metaverse yang sama persis dengan dunia nyata. Maka dari itu, pekerjaan ini membutuhkan seseorang dengan kemampuan skala prototipe, computer vision, rendering, deep learning dan computer graphics. 

Game Designer 

Semakin maraknya industri game saat ini, menyebabkan Game Designer adalah salah satu pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan termasuk dalam dunia metaverse. Game designer dibutuhkan untuk menyiapkan karakter, menciptakan cerita game, serta fitur – fitur lainnya yang dibutuhkan.

Product Manager

Seorang Product Manager diperlukan untuk memasarkan pengalaman yang bisa didapatkan dalam dunia metaverse kepada masyarakat luas. Selain itu, Product Manager memiliki tugas untuk membuat masyarakat memahami bagaimana berinteraksi dalam dunia metaverse. Dengan bantuan Product Manager, perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pasar serta waktu yang tepat untuk merilis sebuah produk. 

Setelah membaca penjelasan di atas kalian sudah memahami bahwa era digital dapat berkembang dengan sangat pesat. Dunia metaverse juga dapat segera menjadi salah satu bidang pekerjaan yang berpengaruh di tahun – tahun yang akan datang. Jika kalian memiliki ketertarikan pada salah satu pekerjaan di atas, mulailah tingkatkan pengetahuan dan kemampuanmu!