Tips Karir

Adhi, HRD SiCepat: Begini Proses Rekrutmen Karyawan di
Perusahaannya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tingginya animo masyarakat dalam melakukan aktivitas belanja online melalui e-commerce secara tidak langsung mampu memberikan dampak positif bagi industri logistik. Dari lonjakan aktivitas ekonomi secara digital yang sekarang terjadi, start-up di bidang logistik pun semakin menjamur di Indonesia. Mereka hadir dengan membawa layanan uniknya masingmasing. Salah satu jasa pengiriman yang sukses mendukung pelaku bisnis e-commerce di Tanah Air adalah SiCepat.

PT. SiCepat Ekspres merupakan perusahaan ekspedisi yang hadir sejak tahun 2014. Melalui

slogan: Ketika Semua Jadi Mudah, SiCepat sukses menjadi layanan pengiriman yang mampu menjawab kebutuhan serta keinginan para pedagang e-commerce.

Di sisi lain, pertumbuhan industri logistik ke arah yang positif ikut menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat. Untuk Anda yang ingin berkarier di industri logistik, HRD SiCepat menjelaskan bagaimana tips sukses bekerja di bidang pengiriman.

Kompetensi yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Industri Logistik

Menurut HRD SiCepat, secara umum industri logistik fokus pada kualitas pelayanan. Oleh karena itu, untuk menjadi bagian dari pelaku industri logistik Anda harus punya skill berbasis client oriented.

Bagi jasa pengiriman, kepuasan konsumen menjadi nomor satu. Itu sebabnya, pelayanan harus benar-benar dimaksimalkan untuk meminimalisasi terjadinya komplain oleh pelanggan.

Ketika pihak ekspedisi mendapatkan banyak aduan dari konsumen terkait pelayanan, hal ini membuat reputasi ekspedisi yang bersangkutan menjadi buruk. Alhasil, kepercayaan masyarakat untuk menggunakan ekspedisi tersebut pun ikut menurun.

Misalkan ada keluhan atau aduan dari pelanggan, pelaku di industri ekspedisi harus bisa memberikan respons yang baik agar sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Skill kedua yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang logistik adalah mampu beradaptasi dengan baik sekaligus dapat bekerja dengan cepat.

ValueKerja PT. SiCepat Ekspres

SiCepat memiliki beberapa value yang harus diaplikasikan ketika bekerja. Nilai-nilai yang

dimaksud antara lain:

  • Fast

Pada konteks ini Fast diartikan sebagai kemampuan bekerja dengan cepat dan baik agar tercapai semua targetnya. Dengan kata lain, value Fast mendorong seseorang untuk lebih berprestasi bukan sekadar bekerja, setelah selesai ia pulang.

  • Active and Creative

Nilai ini dibutuhkan supaya para karyawan dapat menjadi sosok yang aktif saat bekerja. Selain itu SiCepat juga membutuhkan orang-orang yang kreatif yang mampu memberikan ide-ide terbaik dalam menciptakan solusi apabila terjadi suatu masalah di pekerjaannya.

  • Service Excellence
Read :  Informasi Apa Saja Yang Harus Ada Di Kontrak Kerja? Cek Daftarnya Di Sini!

Seperti penjelasan sebelumnya, industri ekspedisi sangat erat dengan yang namanya client oriented. Oleh karena itu, SiCepat mencari kandidat yang memiliki kualitas pelayanan yang baik kepada pelanggan. Contoh kecilnya adalah cepat tanggap dalam membantu memenuhi kebutuhan konsumen.

  • Teamwork

Value yang terakhir adalah teamwork alias kemampuan untuk bisa bekerja sama dalam tim.

Dalam proses rekrutmen, SiCepat akan mencari kandidat yang memiliki keempat nilai di atas atau paling tidak punya potensi untuk berkembang sesuai value SiCepat. Sebagai contoh ada seorang kandidat yang ingin melamar sebagai Recruitment Staff di SiCepat.

Sesuai value di atas, pelamar harus memiliki nilai Fast, artinya sebagai seorang Recruiter ia

harus punya drive yang kuat untuk mencapai target dalam pemenuhan SDM sesuai permintaan tenaga kerja dari setiap departement yang membutuhkan

Untuk nilai active & creative, pelamar wajib punya kemampuan dalam problem solving. Artinya recruiter tersebut harus bisa menemukan cara dan strategi untuk dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan mendapatkan the best fit in candidates sesuai dengan kualitfikasi. Ia harus punya inisiatif untuk menambah sumber sourcing dengan memperluas networking.

Service Excellence juga dibutuhkan oleh recruiter karena ia harus tahu secara detil kebutuhan user itu seperti apa bahkan harus memahami karakter setiap user agar kita bisa memberikan service terbaik, dalam hal ini menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan user dalam waktu singkat namun berkualitas.

Terakhir, kandidat harus punya kemampuan teamwork yang baik, mengingat recruiter dituntut untuk bisa berkoordinasi, baik secara internal di dept HR maupun eksternal ke seluruh departeman yang ada di Sicepat.

Proses Rekrutmen di PT. SiCepat Ekspres

Proses rekrutmen di SiCepat akan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu seleksi berkas CV dan interview.

Saat membuat CV, usahakan bahwa dokumen tersebut berisi informasi-informasi yang sesuai dengan value SiCepat. Kreativitas dalam membuat CV juga bisa menjadi nilai plus bagi Anda. Setelah lolos tahap seleksi berkas, Anda akan diundang untuk sesi wawancara. Pada tahap wawancara, perusahaan akan menggali potensi kandidat termasuk mencari tahu seberapa besar keinginannya untuk bekerja di SiCepat. Menurut rekruiter, untuk menilai ketertarikan bekerja sang kandidat dapat dilihat dari seberapa banyak pengetahuannya terkait SiCepat.

Read :  Bagaimana Cara Cek Gaji yang Benar?

Selain itu di sesi ini rekruiter juga akan mencari tahu bagaimana pengalaman kerja sebelumnya. Apakah pengalaman sebelumnya sesuai dengan value SiCepat. Jika sesuai, kandidat tersebut akan direkomendasikan ke tahap selanjutnya.

Uji Assessment Kenaikan Jabatan di SiCepat

Sama seperti perusahaan lainnya, PT. SiCepat Ekspres juga punya jenjang karier, mulai dari staf sampai ke jabatan yang paling tinggi.

Setelah diterima menjadi karyawan SiCepat, tentunya Anda punya harapan untuk mendapatkan tawaran kenaikan jabatan, bukan? Kali ini HRD SiCepat akan menjelaskan terkait assessment kenaikan jabatan.

Setiap karyawan SiCepat punya kesempatan untuk mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan ke posisi yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan promosi tersebut, tentunya ada sejumlah penilaian dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Salah satu contohnya adalah persyaratan administrasi. Pada dokumen administrasi ini HRD akan melihat berapa lama masa kerjanya, nilai performance setahun terakhir, dan apakah memiliki catatan indisipliner? Terkait masa kerja, minimal kandidat promosi sudah bekerja minimal 1 tahun di posisi terakhir. Sedangkan untuk performance minimal sudah ada nilai kinerja ybs minimal 1 kali penilaian. Dan harus dipastikan bahwa ybs tidak berada dalam periode SP. Jika lolos persyaratan administrasi, karyawan yang bersangkutan akan diusulkan untuk mengikuti proses assessment terlebih dahulu.

Assessment sendiri digelar untuk menggali lebih detail tentang selayak apa karyawan tersebut untuk mendapatkan kenaikan jabatan. Dalam sebulan biasanya ada sekitar 6-8 kegiatan assessment promosi.

Selain menawarkan benefit berupa kenaikan jabatan, SiCepat juga kerap memberikan penghargaan bagi karyawan yang telah bekerja dengan baik. Salah satu contohnya adalah penghargaan Top 10 Sales Social Commerce Kontribusi Akuisisi & Revenue untuk tim penjualan yang berhasil mencapai target secara sempurna.

Pesan terakhir dari HRD SiCepat untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan, termasuk melamar kerja di SiCepat, usahalah semaksimal mungkin dalam mencari tahu profile company dari perusahaan yang Anda lamar.

Selain itu, penting juga untuk melakukan riset terkait deskripsi pekerjaan yang akan Anda lamar. Dengan begitu HRD dapat menilai bahwa Anda benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaannya.

Terlebih, setiap perusahaan pasti ingin mencari karyawan yang yang loyal dan mau berkembang bersama bukannya kandidat yang hanya mencari batu loncatan.

Karir.com was founded in 1999 as a pioneer of Career Portal in Indonesia. Since December 2014 is part of the Emtek Group, an integrated group of companies with main business divisions: Media, Telecommunications & IT Solutions, and Connectivity. Some of Emtek's Online Media portfolios: Liputan6.com, lakupon.com, vidio.com, and now Karir.com – provides services for companies to hire the best talent through online job ads.